Pengunjung Pantai Dewaruci Purworejo, Keluhkan Sikap Premanisme Petugas Parkir - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

11 November 2019

Pengunjung Pantai Dewaruci Purworejo, Keluhkan Sikap Premanisme Petugas Parkir


PURWOREJO, suarakpk.com – Banyak pengunjung yang mengeluhkan perilaku oknum tukang parker di Wisata Pantai Dewaruci, Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah. Keluhan serupa juga disampaikan oleh Kelompok Darma Wisata (Pokdarwis) Desa Jatimalang. Keluhan tersebut berawal adanya oknum tukang parkir yang mengaku Ketua Pokdarwis dan memaksa pengunjung untuk parker di area miliknya.
Sementara keluhan dari anggota Pokdarwis Jatimalang mempertanyakan keabsahan Surat Keputusan David sebagai ketua Pokdarwis, mereka menduga munculnya Surat Keputusan tersebut disebabkan kurang adanya koordinasi dengan Pokdarwis lainnya.
Dituturkan oleh salah satu anggota Pokdarwis Jatimalang, Supardi, bahwa dalam pengaturan parkir pengunjung terkesan ada pemaksaan.
“Saya merasa dirugikan, karena parkiran yang saya kelola menjadi sepi, karena pengunjung di belokan ke tempat David,” keluhnya Supardi saat ditemui suarakpk.com di Pantai Dewaruci, Jatimalang belum berapa lama ini, Minggu (10/11).
Dirinya menduga David telah melanggar hasil putusan rapat koordinasi desa yang menyatakan bahwa pengunjung bebas berwisata dan parkir di mana pun tempat parkir yang disediakan di daerah wisata tanpa paksaan dari pihak manapun sesuai dengan aturan yang berlaku di kawasan wisata pantai Dewaruci. Dirinya berharap, parkiran dapat dilelang kembali seperti tahun sebelumnya.
“Supaya lebih mudah dalam penanganannya dan tidak terjadi perebutan pengunjung dan menghindari hal yang dapat membuat pengunjung kurang nyaman berwisata di pantai Dewaruci,” tuturnya.
Sementara, dikatakan oleh salah satu anggota lainnya yang enggan disebutkan namanya, bahwa perseteruan antar anggota pokdarwis itu terjadi pasca pilkades Jatimalang, Kelompok David menerapkan perilaku premanismenya.
“Perseteruan itu terjadi karena konflik saat pilkades, akhirnya tanpa rundingan dan dengan arogan david cs mengambil alih pokdarwis secara sepihak tanpa musyawarah dan membuat ketidak nyamanan pokdarwis yang memiliki SK sah,” jelasnya.
David yang mengaku sebagai ketua pokdarwis baru, lanjutnya, tidak bisa menunjukan SK yang sah, sedangkn SK lama masih dipegang pokdarwis lama.
“Semua anggota pokdarwis lama masih ada dan mengeluh dengan sikap prenanisme david tersebut,” katanya.
Para anggota Pokdawis Jatimalang berharap, melalui berita di suarakpk.com ini, ada kepedulian para pejabat terkait untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi di Wisata Pantai Dewaruci agar tidak memunculkan konflik yang berkepanjangan dan dapat menata secara adil pengelolaan lahan parker yang dikelola Pokdarwis.
“Ya saya berharap, melalui pemberitaan mas dan mbak ini, bisa dibaca oleh pejabat terkait agar dapat membantu menyelesaikan ketidakadilan pengelolaan lahan parkir dan menindak perilaku premanisme, agar ke depan pengunjung wisata pantai dewaruci dapat nyaman dalam berwisata,” pungkasnya. (Tim/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)