Wartawan Dibatasi dalam Meliput Kegiatan Rapat Kerja Lanjutan digedung IDI sport center - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

16 Oktober 2019

Wartawan Dibatasi dalam Meliput Kegiatan Rapat Kerja Lanjutan digedung IDI sport center


Aceh Timur - Wartawan Aceh Timur dilarang meliput seperti mengambil foto saat kegiatan Road Show Rapat Kerja Lanjutan Percepatan Program Sekda Aceh se-Kabupaten Aceh Timur yang diadakan di Gedung IDI Sport Center (Isc).Rabu (16/10/2019).
Hal ini mendapat predikat buruk dari para wartawan yang meliput dilokasi kegiatan karena dilarang untuk mempublikasikan kegiatan rapat kerja ini.

Terlihat juga dalam kegiatan ini, Sekda Aceh Dr Taqwallah enggan diwawancarai pihak media.

Selain itu juga, pantauan wartawan dilokasi kegiatan yang dihadiri kurang lebih 1300 orang mengeluh karena acara tersebut tidak ada snack ataupun air minum.

"Ini benar benar rapat tikus, bahkan lebih parah seperti rapat gareng (dedekhung)" kata seorang peserta yang namanya tidak ingin disebutkan.

Mengingat Sekda Dr Taqwallah enggan diwawancarai secara tidak langsung sang Sekda sudah melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang dapat menghambat peliputan wartawan yang tercantum No 40 Tahun 1999 dalam Pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 terkait penghalang upaya media mencari dan mengolah informasi menjadi berita.

Sementara itu, seorang panitia pelaksana Dinkes Aceh Timur Dr Zulkifli mengatakan bukan menghalangi kinerja wartawan.

Melainkan, katanya, Sekda Aceh tidak suka banyak media saat sedang berbicara. "Jadi, tidak mungkin kegiatan kita tidak boleh diliput wartawan. Kalau tidak boleh, manapula bisa kita buat kegiatan di sini,"katanya.

Ia juga memastikan, pihaknya tidak mengetahui kenapa kawan wartawan tidak mau mewawancarai Sekda setelah acara.

"Perlu diketahui bahwa, pak Sekda tidak suka apabila dia sedang bicara, wartawan lalu lalang untuk memfoto dan diwawancarai. Maksud beliau, maunya diwawancara setelah acara atau kegiatan selesai,"katanya.(Dedi)

1 komentar:

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)