Siswa SDN 1 Todanan Diajak Blusukan ke Hutan Tanamkan Cinta Lingkungan,Dan Kebudayaan. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

20 Oktober 2019

Siswa SDN 1 Todanan Diajak Blusukan ke Hutan Tanamkan Cinta Lingkungan,Dan Kebudayaan.


BLORA,Suarakpk.com- Kreativitas dibutuhkan seorang guru agar yang disampaikan kepada muridnya bisa diterima dengan baik. Hal itulah yang dilakukan Sunarji,Spd. guru SDN 1 Todanan Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Sunarji, punya kebiasaan  mengajak anak didiknya 'blusukan' ke hutan saat memberikan pendidikan lingkungan hidup.

Sebulan atau dua bulan sekali, Sunarji selaku kepala sekolah,yang  yang membawai guru kelas di SDN 1 Todanan,untuk mengajak siswanya ke hutan,atau tempat berrekreasi yang berjarak lumayan jauh dari sekolah. Selain ke hutan, ia juga mengajak anak-anak ke sanggar seni barongan Ridwan Cs,untuk mengenal kebudayaan yang sudah menjadi ciri khas kota Blora.

Selama kurang lebih satu jam, ia memberikan pemahaman bahwa melestarikan lingkungan merupakan keniscayaan bagi manusia untuk kelangsungan hidupnya. Pemahaman tersebut ia sampaikan dalam bahasa sederhana berdasarkan realitas yang ada di desa.

"Kebetulan di sekitar sini dekat hutan Perhutani, saja ajak anak-anak ke sana tiap bulan bahkan perminggu. Saya terus tekankan bahwa, kerusakan alam bukan hanya terjadi secara alami seperti kebakaran, tapi sering akibat ulah manusia seperti penebangan liar dan lainnya,serta harus giat untuk belajar seni barongan di sanggar seni barongan Ridwan Cs,yg diprakasai dan di bina Ridwan Cs,yang lebih senior juga Sumarsoni yang mempunyai ide dan gagasan serta yang dianggap dituakan,kata saat mengajak siswa-siswa,dan guru,serta tetua sanggar seni barongan Ridwan Cs,Sabtu,(18/10).

Selain untuk mengajak mengenal lingkungan,
diharapkan guru guru di SDN 1 Todanan ini,juga mengenal kebudayaan,maka siswa siwa diajak ke PKBM Upat Upat Bumi,serta Omah Budaya didesa Dalangan Kecamatan Todanan" jelasnya.(Bambang/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)