Maya Indriasari Zahir, HCTPS Adalah Kampanye Global Yang Dicanangkan PBB - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

15 Oktober 2019

Maya Indriasari Zahir, HCTPS Adalah Kampanye Global Yang Dicanangkan PBB

Ketgam Bunda PAUD Batu Bara Maya Indriasari Zahir (hijab hijau) didampingi ketua TBUPP Drs Saiful Safri (baju putih) Plt Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd (pakai kacamata) saat diabadikan TK al Ihya Tanjung Gading.


Batu Bara,suarakpk.com – Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB, bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir sebagai upaya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian Balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia,” dengan tema tangan bersih pangkal sehat.

Salah satu tujuan dari kampanye tersebut merupakan upaya peningkatan kesehatan mulai dari balita karena dengan melakukan
mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir sangatlah penting, karena “Tangan” melakukan segalanya. Golongan penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan CTPS antara lain yaitu penyakit diare, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), flu burung, cacingan dan lain-lain.

Pada umumnya pengetahuan mengenai pentingnya melakukan CTPS ini sudah sangat tinggi, namun kesadaran untuk melakukannya yang masih rendah. Tidak terbiasa melakukan cuci tangan yang benar pada saat-saat penting seperti, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah buang air besar, setelah kontak dengan binatang dan lain lain.

Kita sering mencuri tangan jika terlihat kotor atau berbau, dan cuci tangan yang dilakukan pun belum benar seperti mencuci tangan hanya dengan air kobokan, cuci tangan tidak menggunakan sabun.

Implementasi cuci tangan yang benar dilaksanakan pada tatanan rumah tangga, sekolah, lingkungan kerja, sarana pelayanan kesehatan, dan tempat-tempat umum. 

Kebiasaan mencuci tangan dengan menggunanakan sabun ini harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar menjadi kebiasaan yang positif baik sebelum atau setelah melakukan aktifitas mereka sehari-hari.

Demikian disampaikan Bunda PAUD Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir SE, pada acara cuci tangan pakai sabun di TK IT Al Ihya Tg Gading Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Senin 14/10/2019.

Maya juga berpesan agar para ibu bersemangat dalam mepersiapkan anaknya sebagai generasi penerus. 

“Semangat terus ya para ibu semoga kita semua termasuk para ibu yang dapat mempersiapkan anak anak kita menjadi generasi penerus masa depan,” pesannya kepada para ibu yang turut hadir diacara tersebut.

Sementara Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus mengatakan, paling tidak ada 5 waktu penting untuk melaksanakan Cuci Tangan Pakai Sabun. Kelima hal tersebut adalah Menurutnya setelah buang air besar, setelah membersihkan anak yang buang air besar, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah memegang atau menyentuh hewan.

" Selain itu kita juga harus memperhatikan 5 langkah cuci tangan pakai sabun yang benar, basahi seluruh bagian tangan dengan air bersih mengalir, gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari, bersihkan bagian bawah kuku-kuku, bilas tangan dengan air bersih mengalir, kemudian keringkan tangan dengan handuk atau lap yang bersih,” katanya. 

Masih dilokasi yang sama Ketua IDI Kabupaten Batu Bara dr. Dewi Chailaty menambahkan, dalam rangka hari cuci tangan nasional ini menghimbau kepada para kepala sekolah, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di sekolah. 

" Sebetulnya esensi dari pengajaran cuci tangan bersama di sekolah ini selain untuk mengajarkan gaya hidup bersih, tetapi juga lebih mengajarkan anak anak tentang bersabar, bertoleransi mengantri, juga berani tampil kedepan dan percaya diri,” imbuhnya.  

Kepala sekolah sekaligus Ketua penyelenggara TK IT Al Ihya memberikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang telah memilih sekolah yang dipimpinnya. 

" Terima kasih kami dari TK IT Al Ihya Tg. Gading sebagai tempat Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Masal dan ini merupakan kegiatan pembiasaan baik sejak usia dini sebagaimana anjuran dari kurikulum 2013. Program ini kami berinama 10 menit bersama lingkungan dengan kegiatan merawat tanaman lalu kemudian membasus tangan" ucapnya. 

Diawal acara Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara Maya Indriasari Zahir, S.E., disambut ratusan Anak TK yang di tandai dengan penyerahan Bunga Tangan yang didampingi Pokja 2 PKK Ny Nadra dan Ny Neneng Wahyuni.

Turut hadir Plt. Kadisdik Ilyas Sitorus, Plt. Kadiskes, yang diwakili Lisdauli Purba., Ketua IDI Kab Batu Bara dr Dewi Chailaty, Ketua TBUPP Syaiful Syafri, Kepala TKIT Al Ihya, Sri Prihatini. (Muhammad amin). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)