Plt Kadisdik Buka Seleksi Subtansi Calon Kepala Sekolah SD dan SMP - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 September 2019

Plt Kadisdik Buka Seleksi Subtansi Calon Kepala Sekolah SD dan SMP

Ketgam Plt Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd ( baju putih berdiri) saat diabadikan bersama guru calon Kepala Sekolah


Batu Bara, suarakpk.com - Kepala sekolah (Kasek) memiliki peran strategis dalam peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan juga memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitas dalam mengelola Sekolah. 

Upaya untuk menghasilkan calon Kasek yang kompeten melalui proses rekrutmen yang tercantum dalam regulasi melalui rekrutmen yang berkualitas akan diperoleh secara profesional, pada akhirnya akan memacu peningkatan kinerja sekolah yang dipimpinnya ke arah peningkatan mutu, 
relevansi dan daya saing pendidikan dan dapat mewujudkan pengelolaan sekolah yang efektif dan bermutu. 

Demikian disampaikan Mahasiswa program pasca sarjana Universitas Negeri Medan Ilyas Sitorus SE M.Pd usai membuka Seleksi Subtansi Calon Kepala Sekolah SD dan SMP di Aula SMK Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Rabu 26/09/2019. 

Lanjutnya,  pada hakikatnya Kasek merupakan sosok ataupun figur sentral dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan, baik pada level individu, kelompok, kelas, terlebih pada satuan pendidikan. Sejak terbitnya Permendikbud No. 6/2018 tentang Penugasan Kepala Sekolah, maka status seorang Kasek bergeser karena bukan lagi sebagai guru yang diberi tugas tambahan, melainkan sebagai guru yang diberi tugas memimpin dan mengelola satuan pendidikan yang meliputi jenjang TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK, tutup Plt Kadisdik Ilyas Sitorus. 

Sementara ketua Tim Assesor, Rini Nuraini dari P4TK IPA Bandung mengatakan terkait pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan baik pengawas sekolah maupun kepala sekolah dituntut lebih visioner dalam menghadapi persaingan global di era revolusi industri 4.0. 

Kemendikbud lanjutnya sedang melakukan proses perubahan peran dan fungsi dari pengawas sekolah dan kepala sekolah, kedepan, jabatan kepala sekolah dan pengawas sekolah merupakan pola karier. 

"Apabila guru bila memiliki kinerja yang bagus bisa menjadi kepala sekolah, kepala sekolah bila memiliki kinerja yang bagus bisa menjadi pengawas" tuturnya. 


Hadir Ketua Tim assesor dari P4TK IPA Bandung, Asesor dari Jawa Tengah, Tebing Tinggi dan Deli Serdang juga hadir Kabid Guru dan Tenega Kependidikan serta unsur Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara.
(muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)