Pemkab Sumenep Gelar Kirab Pusaka Kraton Dan Serah Terima Pusaka - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

10 September 2019

Pemkab Sumenep Gelar Kirab Pusaka Kraton Dan Serah Terima Pusaka

Tahun 2019 , Kembali

SUMENEP, suarakpk.com - Sudah menjadi agenda rutinitas Pemkab Sumenep melakukan Prosesi Jamasan dan Kirab Pusaka Keraton yang juga merupakan rentetan agenda Visit Sumenep 2019, yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, berlangsung lancar. Pusaka Keris Keraton Sumenep di terima langsung oleh Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, SH, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, beberapa waktu kemarin, Senin (9/9/2019).

Jamasan dan Kirab Pusaka Keraton sendiri merupakan tradisi pengembalian pusaka keraton oleh empu keris kepada keluarga besar keraton Sumenep setelah sehari sebelumnya dilakukan penjamasan di Desa Aeng Tong-Tong Sumenep.

Sebelum pusaka keraton diserahkan oleh para empu keris kepada Wabup Sumenep, dilakukan pembacaan mantra dengan bahasa Jawa serta doa lainnya. Baru kemudian keris pusaka keraton di terima oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, dengan dipastikan pusaka itu dalam keadaan utuh.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengatakan bahwa, sejak tahun 2005, keris sudah diakui PBB sebagai warisan dunia. Bahkan kabupaten Sumenep dinobatkan sebagai daerah yang memiliki pengrajin keris terbanyak dunia yaitu dengan mencapai 650 orang pengrajin.

“Disamping itu, keris bukan hanya semata identitas masa lalu tetapi juga menjadi ikon ekonomi yang telah mampu menggerakkan dan menopang perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat di Sumenep,” jelasnya.

Bahkan menurutnya, selain menjadi acara tahunan juga sebagai upaya untuk mendorong kekuatan kolektif seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta mengembangkan warisan pedahulu di masa lalu.

“Jadi, kita sebagai penerus harus bisa mempertahankan budaya dan tradisi. Hal itu bisa dilakukan dengan dua cara. Misalnya, sosialisasi dan atraksi dengan menginformasikan sejarah yang di miliki kepada anak cucu kita sejak dini. Atraksi bagaimana memperbanyak kegiatan yang dapat menopang kelestarian budaya leluhur,” ucapnya.

Apalagi, dikatakan Fauzi, para pendahulu kita khususnya di kabupaten Sumenep di tengah keterbatasan yang dimiliki telah mewariskan berbagai warisan monumental kepada masyarakat Sumenep seperti keraton Sumenep yang kita tempati saat ini.

“Tentunya, itu harus menjadi motivasi kita di era yang serba mudah untuk menciptakan warisan yang monumental, yang kelak akan dinikmati anak cucu kita puluhan tahun ataupun ratusan tahun mendatang,” terangnya.

Sehingga, lanjut Fauzi, jangan sampai dengan era yang serba modern dan serba digital mengabaikan kekayaan budaya serta tradisi.

“Di tengah gempuran modernisasi di segala bidang ini, jangan sampai mengorbankan kekayaan budaya dan kekayaan tradisi, khususnya dalam perkerisan yang sudah dipersembahkan oleh para leluhur kita,” harapnya

"Semoga prosesi seperti ini akan menjadi penyemangat kita semua bahwa warisan leluhur tetap kita lestarikan setiap tahun" tandasnya (AJ/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)