Pangdam Ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

30 September 2019

Pangdam Ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro


MAKASSAR, suarakpk.com - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E., M.M. beserta rombongan berziarah ke makam pahlawan nasional Pangeran Diponegoro‎ di Makasar, beberapa waktu lalu, Sabtu (28/9/2019).

Didepan awak media usai melaksanakan ziarah, Mayjen TNI Mochamad Effendi menuturkan, bahwa ziarah ke makam Pangeran Diponegoro ini dalam rangka memperingati HUT ke 69 Kodam IV/Diponegoro.

Tujuannya dari ziarah adalah untuk mengenang jasa-jasa beliau dan agar kita semua dapat meneladani prinsip beliau  dalam berbangsa dan bernegara. Dan sesuai dengan namanya, prajurit Kodam IV/Diponegoro dapat berperilaku seperti beliau, ungkapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro itu menerangkan bahwa ziarah ini sebagai tradisi  dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kodam IV/Diponegoro, yang kebetulan bersamaan dengan HUT TNI tanggal 5 Oktober nanti.

Sebelumnya juga sudah dilakukan beberapa kegiatan diantaranya karya bhakti, donor darah, bedah rumah, pengobatan gratis dan puncaknya nanti akan dilaksanakan upacara, imbuhnya.

Disoal tentang histori Kodam IV/Diponegoro dengan Pangeran Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi mengungkapkan kalau Pangeran Diponegoro itu merupakan salah satu putra Keraton Yogyakarta yang tidak mengenal menyerah dan tidak mau dijajah. Beliau punya prinsip bahwa akan selalu menjaga harga diri bangsa sehingga beliau rela diasingkan ke Makasar hingga akhir hayatnya.

Selain berziaran ke makam Pangeran Diponegoro, Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan juga menyempatkan diri bertemu dan memberikan santunan kepada ahli waris Pangeran Dipnegoro yang hingga kini menetap di Makasar.

Turut serta dalam ziarah rombongan, Kasdam, Irdam, para Danrem, Asisten dan Kabalak Kodam IV/Diponegoro serta Ketua, Wakil Ketua dan Pengurus Persit KCK Kodam IV/Diponegoro. (Arif/red-PendamIV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)