Ngerii!!! Wabup Batu Bara Dituding Kepala Inspektorat Pembohong - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

24 September 2019

Ngerii!!! Wabup Batu Bara Dituding Kepala Inspektorat Pembohong

Ketgam Wabup Bupati Batu Bara Oky Iqbal Frima SE bersama Citra Muliadi Bangun SE saat menemui wartawan di Limapuluh Senin 23/09/2019

Batu Bara,suarakpk.com - Setelah namanya disebut sebut oleh koordinator  Masyarakat Peduli Batu Bara (MPBB)  sawaludin Pane saat orasi didepan gedung DPRD Batu Bara kemarin Senin 23/09/20019 Wakil Bupati (Wabup) Batu Bara Oky Iqbal Frima SE bersama Citra Muliadi Bangun SE mendadak mendatangi wartawan. 

Pada pertemuan dengan sejumlah wartawan bersama koordinator MPBB di Wappres Limapuluh Oky Iqbal mengklarifikasi dan mengaku dirinya telah membayar lunas kelebihan pembayaran pada 10 September 2019 lalu, sedangkan Citra mengaku akan membayar lunas sebelum berakhir masa jabatan.

 "Mungkin 2 minggu ini sudah kita lunasi", ucap Citra.

Pengakuan orang nomor Dua di-Kabupaten Batu Bara ini diduga telah melakukan pembohongan publik.

Hal ini diketahui dari lansiran berita online Kontra.ID yang menuliskan pada 23/09/2019 berjudul Ngaku Sudah Lunasi Temuan BPK,  Ternyata Wabup Oky Pembohong dan pada 24/09/2019 dengan judul Wabub Oky Di Antara Serigala, Penggembala dan Semburan Dusta.


Ketgam hasil Screenshot judul dari media online Kontra.ID 23/09/2019

Masih dikutip dari Kontra. ID Lantas, Pernyataan Oky ini dibantah oleh Kepala inspektorat Batubara.

“Kok bisa pak Oky bilang sudah melunasinya, kapan dilunasi, tanggal 10 September ya? Berarti berbohong lah pak Oky itu,” ungkap kepala Inspektorat kabupaten Batubara, Rusian Herry, senin, (24/9/2019) malam.

Kepada juru warta kontra.ID, Rusian Heri mengklaim telah melayangkan sejumlah surat teguran ke wabub Oky, yang dilaporkan memiliki tunggakan terbanyak dari pengembalian dana temuan BPK di tahun 2017. Namun, Oky, lanjut Rusian “paling tak kooperatif orangnya”

Lantas, bagaimana dengan pernyataan Wabub Oky yang bilang sudah melunasi temuan BPK itu pada 10 september 2019 lalu? Jujur ataukah berbohong? Bergantung pihak mana, orang akan membela atau membantahnya juga.

Masih menurut Rusian Heri, “Saat ini, dari 35 anggota DPRD Batubara, baru 30 anggota dewan yang lunas mengembalikan temuan BPK, lima anggota dewan lain masih mencicil, tapi pak Oky yang paling terbanyak belum memulangkan uang negara hasil temuan BPK ini hingga sekarang,” ungkapnya.

Apakah pernyataan Rusian Heri itu jujur ataukah bohong juga, sama seperti wabub Oky yang disebutnya berbohong? Anda akan menemukan banyak orang sibuk untuk membantah maupun mendukung pernyataan tersebut.

Rusian Heri juga mengingatkan agar Wabub Oky tidak mengambil risiko terlalu banyak dalam membuat kebohongan.

“Yang pasti, data tak bisa bohong, kalau tidak ada iktikad baiknya, akan diproses ke aparat penegak hukum” cetusnya.

Kita bisa menemukan informasi sejenis ini dimana mana, juga pada hari-hari mendatang. Polanya hampir sama, kepala dinas atau pejabat setingkat eselon II akan ikut memusuhi wakil Kepala Daerah (WKDH) demi mencari perhatian kepala daerah (KDH): sebagian besar adakah hubungannya dengan politik?

Seperti ditegaskan Rusian Heri, “Itu kan temuan BPK, Kalau tidak dikembalikan, dianggap (wabub-nya) tak koperatif, nanti jatuhnya ke korupsi, penjara menanti,” pungkasnya.

Inspektur berharap agar Wabub Oky itu segera memulangkan sisa uang tersebut sebelum pihaknya melapor ke aparat penegak hukum.

Ketgam hasil screenshot judul berita dari kontra.ID  24/09/2019

Pernyataan Kepala Inspektorat Batu Bara Inspektur Rusin Heri S. Sos dimedia online Kontra.ID membuat para awak media bertanya tanya. 

Dan untuk itu pula sejumlah wartawan mendatangi kantor Inspektorat dijalan Lintas Sumatera Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Selasa 24/09/2019 pukul 11.30 wib. 

Sesampai dikantor yang disebutkan Rusian Heri tidak berada ditempat, menurut Staf dikantor itu bernama Muhammad Toha yang bersangkutan tidak berada dikantor. 

"bapak tidak ada, hari senin kemarin pergi ke Medan malam baru pulang dan hari ini sekitar pukul 09.00 Wib bapak terbang ke Solo" tuturnya. 

Pada hari yang sama melalui pesan WhatsAAp saat dimintai tanggapan tentang pernyataan Rusian Heri dimedia online Kontra.ID, Wabup Oky tidak banyak menjawab "  Sudah kt sampaikan sama ken2, Kwn2, Jumpai aj bpkad" tulisnya. 

Ketgam hasil screenshot awak media dengan Wabup Oky Selasa 24/09/2019

Saat ini pernyataan Rusian Heri dimedia online Kontra. ID menjadi topik hangat  pembahasan para pemburu berita di-Kabupaten Batu Bara karena pernyataan yang dilontarkan menjadi multi tafsir serta merendahkan wibawa Wabup.(501/Red) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)