BID CLASYER 2 NURUSSALAM DARUL FALAH - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 Agustus 2019

BID CLASYER 2 NURUSSALAM DARUL FALAH

ACEH TIMUR - Bursa Inovasi Desa Claster 2, Kecamatan Nurussalam dan Kecamatan Darul Falah, di laksanakan di Balai desa kecamatan Nurussalam. Kamis (1/8/2019)

Dalam kegiatan tersebut Dihadiri Oleh Kepala Dinas DPMG Kab.Aceh Timur, Dr Maimun,SE.Ak, Msi.Camat Nurussalam Drs.Tarmidi, camat Fadri Spd. DanRamil Nurussalam Kapten Jumari,Kapolsek Nurussalam IPTU Abdullah,S.Sos.TA Muhtar SE, PA Azhari, SE.

Jumlah peserta dari kacamata 3 perdesa berjumlah 126.Dan Inovasi yang di tampilkan.

Camat Nurussalam Drs Tarmizi,dalam sambutannya menyampaikan Inovasi desa di tahun 2020 diharapkan dapat di jalankan dengan sebaik-baiknya. Dimohonkan kepada kepala desa untuk menjalankan dana desa sebaik mungkin sesuai dengan programnya.
Sambutan TA Tarmizi, SE menyampaikan UU Desa tahun 2014, Bursa Inovasi Desa di lindungi Undang-Undang.PID lahir atas dasar kualitas, efektif, programnya 
Planing, efesien.MOU tiga unsur negara, Mentri desa,Polri,Mendagri.BID adalah even penting untuk menampilkan potret desa.

Tahun 2010 dana desa akan di sebut PDIP yaitu program Dana Inovasi Pembangunan.TPID Dan PD diharpakan untuk memasukan dana desa menyangkut dengan inovasi desa.Alur BID setelah pleno akan di lakukan pwnguntingan peta untuk meauk ke Ruangan INOVASI yaitu Infratruktur, Pelayanan Sosial Dasar
TPID diharapkan berinovasi dalam menu posyandu di desa desa.

Meja komitmen, para peserta BID diharapkan untuk memilih bursa yang di butuhkan didesa untuk dapat menentukan komitmenya untuk di jalankan di desa masing-masing.

Sambutan Kepala Dinas, DPMG Aceh Timur, Dr Maimun,SE.Ak, Msi. Kepada BID ini digabung dikecamatan dan digabung dua kecamatan. Dana desa SDH berjalan 5 tahun, dengan tujuan besarnya adalah masyarakat harus sejahtera, dalam ukuran infraktur agar mencapai desa maju dan mandiri.
Dulu tahun 2005 masih di katagori sangat tertinggal.

Setelah berjalan 5 tahun dana desa yang tertinggal cuma 2 desa, desa maju terdapat 80 gamping, harapan inovasi agar desa tertinggal menjadi maju dan mandiri.Wadah TPID agar desa maju dan rakyat desa, serta desa mandiri.

BUMG, tanggung jawab pak gechik sama dengan tanggung jawab dengan bupati,gubernur dan presiden dengan bettanggung jawab terhadap dana negara.

Pengelolaan dana gampong SDH di aplikasi dengan sekedes.dengan adanya sekdes sudah perlu lagi  laporan secara manual lago.Didesa harus akur didesa adalah geuchik,sekdes,dan kaur keuangan dan tuha Peut.

Di nurussalam ada gamping ada gampung yang menjadi desa teladan di tahun ini.Ada lima desa yg belum menyerahkan pertangungjawabannya.

Hal hal yg menyangkut keunagan Gampong di selesaikan di Gampong.

BUMG, apabila derektur BUMG belum mepertagungjawaban dananya jangan di lanjutkan kedepan.

Pemberdayaan masyarakat juga harus di berdayakan juga kaum ibu-ibu dari kegiatan PKK dan diharpakan juga dilibatkan dalam rapat adg desa.

Dana desa tahap satu dan dua, dalam dana desa ada skala prioritasnya. Saat ini ada proritas adalah stanting untuk anak-anak.

Terakhir di tekankan adalah apabila ada permasalah di desa agar segera di selesaikan, 

Sepanjang dana desa sudah masuk ke rekening Gampong masih dapat di lanjutkan pada tahun lanjutan.(Dedi/munjir).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)