BPMPD BATU BARA MENGATAKAN PANITIA PILKADES TIDAK DIBENARKAN PUNGUT BIAYA - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

11 September 2019

BPMPD BATU BARA MENGATAKAN PANITIA PILKADES TIDAK DIBENARKAN PUNGUT BIAYA

Ketgam Kabid Pemdes BPMPD Batu Bara Wini Anggraini saat dikantor Camat Medang Deras  Rabu 11/09/2019



Batu Bara, suarakpk.com - Kepala  Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD)  Kabupaten Batu Bara melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Wini Anggraini usai acara sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis)  Tata cara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) rabu 11/09/2019 dihalaman kantor Camat Medang Deras 
mengatakan tidak ada estimasi anggaran Pilkades per Desa dan ini sangat tidak masuk akal dan pernyataan ini menjadi pertanyaan publik jika tidak ada anggaran untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) per Desa lalu anggarannya darimana??.

Sementara yang bersangkutan juga mengatakan panitia Pilkades tidak dibenarkan memungut biaya kepada calon Kades dan ini katanya merujuk kepada Perbup no 37 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis (Juknis).

Selain itu beliau juga mengatakan anggaran sosialisasi Juknis Pilkades dihari yang disebutkan sebesar Rp 2.000.000 (Dua Juta Rupiah).

" anggaran sosialisasi ini berkisar 2 juta, dan tidak ada estimasi anggaran per Desa dalam pemilihan Kades, bukan belum ada ya,  tapi tidak ada ,  tidak ada" katanya lantang.

Dalam hal ini kepada Dinas yang bersangkutan diharapkan dapat mematuhi undang Undang  no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Pada hari yang sama beberapa peserta sosialisai yang tidak mau menyebutkan namanya mengeluh karena pada acara yang dimaksud pihak panitia terkesan hanya mementingkan dirinya sendiri. 

" seharusnya pihak panitia menyediakan makan jam 11 wib, inikan menggunakan otak,  kalau begini bisa sakit lambung dan otak masa udah pukul satu belum juga makan " keluhnya. 

Pada sosialisasi tersebut terlihat beberapa panitia keluhkan penyalinan data pemilih namun berjalan tertib dan aman.  

Sebelumnya dalam sambutan Camat Medang Deras Syahrizal SH menyampaikan walau jalan di Medang Deras banyak berlobang namun orang orang nya mantap semua. 

Selain itu beliau mengharapkan kepada panitia terpilih Pilkades bekerja ikhlas karena menurutnya honor panitia hanya sedikit. 

Tambahnya disebabkan ada persoalan di-Desa Aek Nauli dirinya dipanggil bapak Bupati 

"Kepada panitia mari sukseskan Pilkades masing masing Desa dan jangan ada ribut ribut saat pembentukan panitia seperti Desa Aek Nauli karena adanya keributan saya dipanggil panggil bapak Bupati dan tolong bantu Kecamatan Medang Deras mensukseskan Pilkades mendatang dan bagi masyarakat pilihlah Kades yang bermutu yang peduli kepada masyarakat dan jangan memilih calon karena uang " Pungkasnya. (muhammad amin)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)