Kajati Jawa Tengah : Aparat Penegak Hukum Bekerja Cepat, Responsif Dan Profesional - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 Juli 2019

Kajati Jawa Tengah : Aparat Penegak Hukum Bekerja Cepat, Responsif Dan Profesional

SEMARANG,  suarakpk.com - Dalam pelaksanaannya tidak sedikit keberhasilan penegak hukum yang dicapai,  namun pada realitasnya sorotan tajam dan tudingan miring tetap saja muncul ditujukan kepada institusi penegak hukum hal mana dapat kita lihat pada situasi yang selalu mengemuka, bahwa ketika aparat penegak hukum berusaha bekerja secara cepat, responsif,  dan profesional. (Baca Juga : Kapolres Demak Bersama Forkopimda Ziarah ke Makam Raja Demak)
 
Merujuk pada fakta -fakta yang berkesesuian dengan bukti -bukti yang ada,  masih saja ada pihak -pihak yang menuduh bahwa keseluruhan upaya penegakan hukum yang dilakukan dianggap tidak lebih sebagai sekadar tindakan reaktif yang didasarkan pada kehendak untuk melakukan "kriminalisasi " politisasi dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang opini masyarakat digiring untuk memengaruhi obyektivitas dan independensi pada penegak hukum. (Baca Juga : PT. JNI Terkesan Menunda, Petani Tambak Minta Segera Ganti Rugi)

Demikian diungkapkan Yunan Harjaka, SH. MH. Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah pada upacara pengambilan sumpah dan pelantikan, Tomo, SH. MH. sebagai Wakil Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah yang sebelumnya menjabat Wakil Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara menggantikan Dr. Jaja Subagia, SH. MH. yang dipromosikan menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo yang kemudian di tempat yang sama, di lantai 6 Aula R. Soeprapto Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah kemarin kamis, (25/7) selanjutnya berlangsung pula upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan pejabat eselon III di lingkungan kejaksaan tinggi Jateng. Yang dihadiri Wakajati,  Ketua dan anggota IAD Wilayah Jawa Tengah,  para Asisten dan Kabag Tata Usaha,  Para Kajari se Jateng,  para Koordinator,  para Jaksa Senior dan Kacabjari Semarang,  Rokhaniawan dari Kementerian Agama Kanwil Jateng serta para insan pers dan hadirin lainnya.(Baca Juga : Dugaan Suap DPRD Prov.Jambi, KPK Tahan 4 Orang Tersangka)
Dalam sambutannya Kajati Jateng Yunan Harjaka lebih lanjut menegaskan,  sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa saat yang lalu, masih juga terjadi peristiwa dan kejadian yang kembali mengganggu dan mencederai upaya perbaikan yang tiada henti kita lakukan bersama -sama, dengan masih adanya oknum di lingkungan kita yang masih belum beranjak dari paradigma lama,  gemar menyalahgunakan wewenang,  bertindak dan bertingkah laku tidak terpuji bahkan berujung pada proses hukum pidana. Berkenaan hal tersebut "saya tidak pernah bosan untuk mengingatkan agar seluruh jajaran di Jawa Tengah untuk menjaga integritas dan disiplin diri baik dalam menjalankan tugas kedinasan maupun menjalankan kehidupan sehari -hari, " ungkapnya tegas. (Baca Juga : Kapolda Jawa Tengah : Polisi Bukan Untuk Ditakuti)
Masih dalam suasana peringatan hari Bhakti Adhyaksa ke 59 Tahun 2019 Kajati Yunan Harjaka juga menekankan perintah harian Jaksa Agung yaitu pertama, Tingkatkan profesionalitas,  kemampuan perorangan dan satuan,  sebagai bekal mengantisipasi, menagani dan menuntaskan setiap masalah dan tugas yang akan dihadapi. Kedua, pupuk semangat soliditas,  mampu bekerja sama,  berkoordinasi dan bersinergi memegang teguh prinsip dan jati diri agar tetap terjaga dan dijunjung tinggi. Ketiga,  tingkatkan keberanian dan kejujuran menyadari kekurangan dan kesalahan diri disertai kepekaan cepat melakukan langkah perbaikan dan koreksi. Keempat,  kukuhkan jiwa korsa,  landasan utama kebersamaan insan adhyaksa yang saling mendukung, menjaga,  mengingatkan dan menguatkan sebagai penopang eksistensi,  kebanggaan, martabat dan harga diri profesi bagi tetap tegaknya institusi. Dan kemudian persiapkan diri untuk mengabdi dan bekerja sepenuh hati demi kemajuan, keunggulan dan keutuhan negeri. (Pimred SUARAKPK Laporkan 2 Oknum Polisi Ke Propam)


Sumber di penerangan hukum (penkum)  Kejaksaan Tinggi Jateng melalui Kasi Penkum,  Bambang TM bahwa yang diambil sumpah dan yang dilantik adalah pejabat eselon III di lingkungan kejaksaan tinggi Jateng yaitu : Ponco Hartanto, SH. MH. sebagai Asisten Intelijen Kejati Jateng yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Jember menggantikan Bambang Hariyanto, SH. MH yang dipromosikan sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus di Kejaksaan Agung RI di Jakarta. Wahyudi, SH. M. Hum sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Batang, yang sebelumnya menjabat Kajari Kota Waringin Timur di Sampit, menggantikan Nova Elida Saragih, SH yang dipromosikan menjadi Kepala Bidang pengendalian setra pendidikan dan pelatihan pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Badan Diklat Kejaksaan RI di Jakarta. Rini Hartatie, SH. MH. Sebagai Kajari Surakarta yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian kerjasama hukum dan hubungan luar negeri Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung RI menggantikan Teguh Subroto, SH. MH. yang dipromosikan menjadi Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Edy Hartoyo, SH. sebagai Kajari Brebes yang sebelumnya menjabat Kajari Rote NDAO di BAA menggantikan Transiswara Adhi, SH. M. Hum. yang dipromosikan menjadi Asisten Bidang Pembinaan pada Kejaksaan Tinggi Riau di Pakanbaru. Rustiningsih, SH. M.Si.sebagai Kajari Kudus yang sebelumnya menjabat Kajari Minahasa Utara menggantikan Herlina Setyorini, SH. yang dipromosikan menjadi Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Banten.. Muhammad Irwan Datuiding, SH. MH. sebagai Kajari Demak yang sebelumnya menjabat Kejari Kepulauan Sanghe di Tahuna menggantikan Sunarwan, SH. MH. yang dipromosikan menjadi Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Pontianak. Muhammad Ilham Samuda, SH. MH. sebagai Kajari Kendal yang sebelumnya menjabat Kajari Polewali Mandar menggantikan Yudi Hendarto, SH. yang dipromosikan menjadi Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Banten di Serang. Agus Iriawan Yustisianto, SH. MH. sebagai Kajari Wonogiri yang sebelumnya menjabat Kajari Mukomuko. Dan Anton Rudiyanto, SH. MH. sebagai koordinator Kejaksaan Tinggi Jateng yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat. (Baca Juga : Dugaan Punya Anak di Luar Nikah Kades Bendung Semin Membuat Resah Warga)
Dalam sambutan terakhirnya Kajati Yunan Harjaka mengucapkan selamat kepada Ibu -Ibu para pejabat yang baru dilantik dan berharap agar dapat mendampingi dan menunjang tugas -tugas suami, karena kedamaian dalam rumah tangga merupakan pendorong semangat yang cukup ampuh bagi suami dalam melaksanakan tugasnya. (002/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)