Pentas Seni Di WTC Raja Ampat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


15 August 2018

Pentas Seni Di WTC Raja Ampat


Waisai, RAJA AMPAT, suarakpk.com - Pentas Seni Budaya Papua di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Selasa (14/8/2018) kemarin, menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan sekaligus melestarikan seni budaya asal Raja Raja Ampat Papua Barat. Acara pentas seni tersebut juha dalam rangka untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun. Kemeriahan begitu terasa dalam kegiatan yang digelar setiap pekannya ini. Selain seni tradisional, dalam acara ini juga menampilkan sejumlah Pelajar Mulai dari Paud, TKK, SD, SLTP, SMA dan SMK, Instansi Pemerintah, juga paguyuban, Organisasi masyarakat dan pemuda, yang berasal dari Raja Ampat.
"melalui Hut kemerdekaan indonesia ke -73 Tahun ini Semua Instansi Masyarakat berbagai elemen diharapkan bersatu padu membangun Raja Ampat yang tercinta ini,dan Tetap Melestarikan Nilai-nilai budaya yang ada." tutur Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati SE.

Pantauan di lapangan, terlihat para pengunjung yang hadir di area pantai Waisai Torang Cinta (WTC) mulai dari anak-anak hingga orang tua nampak antusias menikmati sajian acara hasil kerja sama pemerintah  Kabupaten Raja Ampat .

Sementara pertunjukan seni dimulai dari penampilan seni dari group tari mbilim kayam tradisi Suling Tambur, yang menapilkan lekak lekuk anak anak paud sampai Pelajar SMA,SMK. Alunan suara kendang dan alat musik lainnya, menjadi pengiring setiap gerakan yang dibawakan. Para penampil yang sebagian besar masih anak-anak ini begitu terampil memeragakan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 Tahun.

"Lebih memahami Budaya bahwa budaya merupakan salah satu kekuatan di indonesia dengan berbagai keberagaman, seni budaya untuk mendalami makna seni dan budaya dapat mengantarkan dan membentuk karakter hidup bagi generasi Penerus dari berbagai persoalan, Salah satunya semangat kita untuk mengisi kemerdekaan Republik indonesia dengan menghadirkan budaya dan menjaga melestarikan Alam Raja ampat" ungkap Bupati.

Usai pentas seni, Bupati melepasan peserta Karnaval yang dilombakan, di Pantai WTC, peserta lombah berjalan kaki di seputaran ibu kota waisai dan Finish di Kantor Bupati Kabupaten Raja Ampat.
Sesampai para peserta karnaval digaris finish, mereka lansung disambut baik oleh Wakil Bupati, Manuel Piter Urbinas S Pi M Si.
Setiap peserta terlihat mengenakan berbagai atribut khas, sehingga masing- masing sehingga terlihat adanya kehidupan berbudaya di Raja Ampat dan di sisi ini Pariwisata di Raja Ampat dapat dijaga dan dilestarikan.

"kegiatan ini digelar setiap pekannya. Berbagai seni kebudayaan Raja Ampat  sengaja dihadirkan untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan Parawisata Raja Ampat  bahkan budaya dan kesenian itu sendiri." pungkas. (Derek/red)

No comments:

Post a Comment