NIK Bermasalah, Kinerja Disdukcapil Batu Bara Di Sorot Warga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


03 March 2018

NIK Bermasalah, Kinerja Disdukcapil Batu Bara Di Sorot Warga


BATU BARA,suarakpk.com - Warga Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara banyak yang mengeluh. Soalnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK) mereka (warga-red) Invalid.

Dengan begitu warga diharuskan mendatangi kantor Disdukcapil yang bertempat didesa Bulan Bulan Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara guna untuk memperbaiki NIK.

Parahnya lagi, selain NIK bermasalah, beberapa warga yang sudah melakukan perekaman KTP El 2 tahun lalu namun tidak terdeteksi pada data kependudukan.

Diantaranya, Rada Aulia
Salah seorang warga  Dusun Mesjid Desa Sei Buah Keras Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara yang memiliki NIK 1219015303990002 harus melakukan perekaman ulang.Sementara yang bersangkutan sudah memiliki KK dan juga surat pengganti KTP (resi) 2 tahun silam.

Hal itu diketahui saat Rida hendak menyambung resi yang habis masa berlaku dikantor Camat Kecamatan Medang Deras Jum'at 02/02/2018
"kenapa saya harus rekam ulang pak, kan saya sudah merekam 2 tahun lalu dan ini resinya, masa NIK saya ga ada pak, sementara NIK saya tertulis pada KK
"tanya Rida kepada operator perekaman KTP El.

Pada saat itu, Operator perekaman KTP El Medang Deras Irwan Lubis  diruang perekaman terlihat kebingungan karena menurutnya syarat pengeluaran resi harus memiliki NIK " jika ada yang mau ngurus resi, saratnya ya rekam dulu,kalau kamu sudah merekam kenapa data kamu tidak keluar dilayar monitor" jawab iwan.

Terkait adanya kejanggalan, pada hari itu juga wartawan  media investigasi suarakpk mencoba mempertanyakan kenapa hal tersebut bisa terjadi "saya tidak tau bang, dalam bulan ini saja, kasus seperti Rida itu ada 5 orang, entah apa penyebabnya sayapun tidak tau" jelas Irwan

KK yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batu Bara lanjutnya, menurut Iwan, memang banyak yang bermasalah.

Akibatnya warga yang hendak melakukan perekaman KTP El mengalami penundaan " kalau NIK nya Invalid, ya dibuka dulu di-Disdukcapil, kalau tidak dibuka, ya ga boleh direkam" ujarnya

Semenjak dirinya ditugaskan menjadi operator perekaman KTP El,  tambah Irwan, ribuan warga yang memiliki NIK bermasalah itu pada masa  kepemimpinan MN S.Sos "  kalau KK yang dikeluarka pak Muhammad Nasir S.Sos, aduh ampun aku,hampir semua bermasalah, kalau ditaksir 2000 lebih NIK nya yang tidak boleh dibuka" imbuhnya.

Amatan suarakpk diruang perekaman, pada hari tersebut banyak warga yang kecewa, disebabkan mereka tidak dapat mengurus resi lantaran masing masing NIK mereka (warga) Invalid.

Dengan begitu warga harus bersusah payah pergi ke-Disdukcapil hanya dikarenakan untuk membuka data NIK milik mereka. (Red403)

No comments:

Post a Comment