Tol Terindah di Indonesia Akhirnya Diresmikan Presiden - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


26 September 2017

Tol Terindah di Indonesia Akhirnya Diresmikan Presiden




SALATIGA, suarakpk.com –  Akhirnya peresmian jalan Tol Semarang – Solo, seksi III Bawen – Salatiga terlaksana setelah beberapa kali tertunda. Tol yang memiliki panjang 17,6 km ini sebelum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, sempat dioperasikan gratis pada 15 – 22 September 2017. Namun sejak Sabtu , 23 September 2017 pukul 00.00 WIB ditutup kembali untuk acara peresmian ruas jalan bebas hambatan ini.
Pintu gerbang dengan landskap Gunung Merbabu ini bila cuaca cerah sangat indah dan beberapa waktu lalu viral di medsos, namun waktu persemian ini pemandangan tersebut tak Nampak disebabkan oleh cuaca mendung sepanjang hari.  "Tergantung amal dan perbuatanya mas," Canda Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Fauzi Abdurrahman di GT Salatiga. “Bila cuaca cerah disini memang pemandangan sangat indah.” Imbuhnya.
Sementara, ruas Bawen-Salatiga dioperasikan hanya untuk kendaraan umum berukuran kecil, bukan bus dan truk. Pengoperasian tol Bawen-Salatiga menandai perubahan sistem transaksi tol. Sistem transaksi saat ini menggunakan sistem terbuka, selanjutnya akan menggunakan sistem transaksi tertutup, hal ini sesuai dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT).
Mekanisme sistem tertutup dapat digambarkan sebagai berikut: pemakai jalan tol memasuki Gardu Masuk (Entrance) harus mengambil Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME), dan di Gardu Keluar (Exit) menyerahkan KTME serta membayar tol sesuai golongan kendaraan dan asal Gerbang Tol.

Dalam sambutan peresmian, Presiden Jokowi menyinggung target pembangunan jalan ruas bebas hambatan di seluruh Indonesia.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono. (Red.)

1 comment:

  1. Alhamdulillah kami bangga sebagai warga salatiga. Maju terus. Terima kasih Pak Presiden.

    ReplyDelete