Tubuh Sehat dan Kuat Saat Puasa Bersama Ahli Gizi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

25 Maret 2023

Tubuh Sehat dan Kuat Saat Puasa Bersama Ahli Gizi


Blora,suarakpk.com-Saat Ramadhan, momen yang paling ditunggu-tunggu ialah saat berbuka puasa. Ada banyak makanan dan minuman yang menggoda untuk disantap. Namun, perlu juga menjaga asupan gizi yang seimbang.

Parmi, S.Tr.,Gz., Pengurus Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) kabupaten Blora, memberi tips menjaga tubuh sehat dan kuat saat puasa. Ia mengatakan, tidak semua makanan bisa dimakan. Ada yang perlu dihindari dan dikonsumsi saat sahur hingga berbuka puasa.

Parmi juga memberitahukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi saat berpuasa supaya tidak lemas dan terasa lapar.

"Ketika sahur bisa memenuhi 40% dari kebutuhan kalori, sisanya 60% saat buka puasa. Tetap dengan gizi seimbang, seperti isi piringku sajian sekali makan, dimana dalam isi piringku terdapat makanan pokok, lauk, pauk, sayuran,dan buah-buahan,"  kata Parmi.

Saat berbuka puasa, memang paling enak dengan yang manis-manis. Namun, Parmi tidak menyarankan semua makanan, dan minuman dikonsumsi serba manis seperti berbuka dengan kolak hingga kue manis dengan porsi berlebihan.

"Gorengan boleh asal tisak melebihi anjuran. Makanan, minuman manis boleh, asal tahu batasnya tidak berlebihan, contoh minum teh manis setelah itu minum sirup manis itu tidak boleh, belum lagi makan tinggi karbohidrat itu semua gula. Kebutuhan tubuh yang ideal untuk gula maksimal 4 sendok makan sehari untuk sahur dan berbuka. Garam maksimal 1 sendok teh, minyak maksimal 5 sendok makan," jelas Parmi.

kalau bisa  masyarakat berbuka puasa sesuai anjuran nabi. Yakni makan kurma 3 biji dan minum air putih. Kue dan gorengan juga boleh dikonsumsi, asalkan tidak dengan jumlah berlebihan.

"Pisang goreng. Minum teh boleh. Jangan tersiksa kalau menjalankan puasa. Terpenting tidak berlebihan dan langsung kalap, makan banyak tidak baik, malah kaget, kembung dan tidak baik saat tarawih kekenyangan,atau kalau buka puasa makan yang ringan dulu, jangan langsung makan berat" katanya.

Menurutnya, gizi seimbang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari, apa lagi saat sedang puasa. Ketika sahur dan berbuka, juga bisa membagi untuk pemenuhan gizi seimbang.

Seperti satu piring dibagi menjadi dua bagian. Satu sisi makanan pokok dengan jumlah lebih banyak dan ditambah lauk pauk, sisi satunya lagi sayur dengan jumlah lebih banyak dan ditambah buah-buahan, atau di kenal dengan istilah isi piringku sajian sekali makan.

Minum air putih juga penting untuk tubuh, supaya tidak terjadi dehidrasi saat berpuasa. Anjurannya ialah minum air putih minimal 8 gelas sehari, saat sahur bisa minum 2-3 gelas dan saat berbuka 5-6 gelas.

"Ketika hari biasa, kurangi kopi dan teh, karena bisa menimbulkan buang air kecil. Takjil makan minum ringan. Minum dikasih buah bagus, air saja juga bagus," ujarnya.

Tak hanya itu, saat sahur juga lebih baik ada sayur dan buah yang mengandung serat. Karena bisa menahan lapar saat berpuasa.

"Karena waktu terbatas, bisa mempersiapkan terlebih dahulu, termasuk jangan terlalu mepet. Lauk pauk jangan gorengan semua, ada yang direbus atau dikukus, supaya tidak terlalu banyak minyak. Seperti nasi goreng buat sendiri bisa diatur minyaknya, bisa ditambahkan sayur sesuai kebutuhan kita," pungkasnya.(Krisna/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)