Kembangkan Layanan Perpustakaan Digital, Dinpersip Kota Salatiga Launching Virtual Library Tour - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

Iklan Inalum


 

23 Juni 2022

Kembangkan Layanan Perpustakaan Digital, Dinpersip Kota Salatiga Launching Virtual Library Tour

SALATIGA, suarakpk.com – Dalam upaya terus meningkatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat secara umum, kemarin, Rabu (22/6/2022), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, resmi melaunching hasil inovasi layanan Perpustakaan maya atau perpustakan digital yang berbentuk Virtual Library Tour di sebuah hotel ternama yang ada di Kota Salatiga.

Virtual Library Tour dilaunching lagsung oleh Pajabat Walikota Salatiga, Drs.Sinoeng Noegroho Rachmadi,MM bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Sri Sarwanti,SH.,M.Si disaksikan oleh Plt Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Sapta Hermawati, SH.,MM.

Dalam sambutannya, diterangkan Kepala Dinas Kearsipan Kota Salatiga, Sri Sarwanti,SH.,M.Si, bahwa Virtual Library Tour merupakan alternatif mengunjungi Perpustakaan di era pandemi Covid 19 secara virtual, perpustakaan maya atau perpustakan digital memegang peranan penting dalam mempromosikan penggunaan informasi.

“Perpustakaan digital memberikan solusi untuk tantangan utama perpustakaan tradisional seperti penyimpanan,” terangnya.
Disamping sebagai wahana mengunjungi Perpustakaan secara virtual, lanjut Sarwanti, bahwa virtual library tour juga dapat digunakan sebagai wahana wisata.

“Keberadaan menu virtual library tour pada web Perpustakaan sangat urgent di era kekinian. Tampilan menu virtual library tour biasanya memuat bagian depan yaitu pintu masuk, lobby dan ruangan yang disediakan oleh Perpustakaan,” lanjutnya.

Dikatakan Sarwanti, bahwa keuntungan virtual library tour bagi pengunjung Perpustakaan Digital diantaranya, Hemat Biaya dan Hemat Tenaga.

“Pengunjung Perpustakaan Digital tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, biaya makan dan biaya lainnya. Hanya dengan dengan menggunakan laptop dan koneksi internet yang stabil, pengunjung dapat melihat seperti apa ruang di dalam Perpustakaan yang dituju,” katanya.

Sarwanti juga menjelaskan, bahwa para pengunjung Perpustakaan Digital tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk pergi ke Perpustakaan yang dituju secara fisik.

“Apa lagi Perpustakaan tersebut jauh diluar kota, karena hal itu dapat menguras tenaga. Pengunjung Perpustakaan Digital cukup mengklik link library.salatigavirtual.id , menu virtual library tour langsung dapat melihat bagian dalam Perpustakaan dengan segala kelengkapannya,” jelasnya.

Diungkapkan Sarwanti, bahwa dalam instansi Pemerintahan di bidang perpustakaan, Salatiga menjadi Dinas pertama di tingkat Provinsi maupun di Nasional, yang mengembangkan layanan perpustakaan secara digital.

“Perpustakaan dapat mengembangkan virtual library tour melalui piranti lunak yang informasinya tersedia di internet. Penyajian virtual library tour dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan gambar atau pun video, selain itu dapat menggunakan gambar 3D (3 Dimensi),” ungkapnya.

Sementara, Pj.Walikota Salatiga, Drs.Sinoeng Noegroho Rachmadi,MM, kepada wartawan usai melaunching, mengaku mendukung sepenuhnya inovasi yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Saya yakin, ini sebuah inovasi baru, yang nantinya akan mendapatkan keberminatan masyarakat, dan meningkatkan segmen peminat perpustakaan, komunitas, dan ini didukung juga oleh komunitas pemustaka dan didukung oleh teman-teman perpustakaan dari luar kota,” ujarnya.

Pj.Walikota Salatiga, Drs.Sinoeng Noegroho Rachmadi,MM mencoba kacamata viar

Sinoeng mengharapkan adanya tiga hal yang perlu dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, diantaranya, promosi, pembaharuan tampilan menu dan pengembangan perpustakaan hingga tingkat nasional.

“Promosi ini jangan berhenti hanya sampai pada durasi waktu tertentu, tetapi harus terus menerus, kemudian pembaharuan tampilan menu yang terupdate, lalu bagaimana kita bisa mengembangkan diri yang terkait dengan perpustakaan pusat, tidak hanya kita saja yang datang ke sana, tetapi kita mengajak teman-teman lain untuk datang ke Salatiga,” harapnya.

Di sisi lain, Plt Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Sapta Hermawati, SH.,MM kepada media mengaku mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga.

“Atasnama Gubernur Jawa Tengah, bapak Ganjar Pranowo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya, atas launching Virtual Library Tour di Kota Salatiga,” ucapnya.

Ditegaskan Sapta, bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, merupakan satu-satunya dinas di seluruh Indonesia yang telah melaunching Virtual Library Tour.

“Baru satu-satunya di Indonesia yang telah melaunching Virtual Library Tour, yakni Kota Salatiga,” tegasnya.

Sapta juga mengharapkan, untuk Dinas perpustakaan kota kabupaten yang lain dapat mengikuti dan Kota Salatiga dapat menjadi rujukan secara nasional.

“Bahwa melalui kacamata viar tersebut kita bisa melihat lebih detail, dan saya berharap, teman-teman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga untuk dapat lebih meningkatkan inovasi terbarukan ke depannya,” harap Sapta.

Sementara, Ketua Ikatan Pemustaka Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Itmamudin,SS.,M.IP, kepada media menilai, Virtual Library Tour di Kota Salatiga menjadi inovasi yang terbanggakan.

“Saya menilai, bahwa Virtual Library Tour merupakan inovasi sangat keren, karena mengadopsi dari google map, jadi, saya membayangkan kalau aplikasi ini akan menjadi pilotprojec yang akan ditiru di banyak tempat, dan saya kira nanti akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang menggunakannya,” ujarnya.

Itmamudin mengatakan, melalui Virtual Library Tour, masyarakat bisa mengetahui informasi kota salatiga.

“Bila masyarakat tidak sempat datang ke perpustakaan, cukup melalui Virtual Library Tour di Kota Salatiga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, masyarakat untuk dapat berkunjung ke perpustakaan kota salatiga melalui Virtual Library Tour cukup membuka link library.salatigavirtual.id. (Imam/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)