Distan Siap Fasilitasi Petani Padi Cek Kesuburan Tanah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

04 Maret 2021

Distan Siap Fasilitasi Petani Padi Cek Kesuburan Tanah

FOTO : Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Suwito menyebut bahwa pihak siap memfasilitasi petani padi.


PALANGKA RAYA, suarakpk.com – Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Suwito mengatakan, instansinya akan memfasilitasi petani padi di Jalan Aslon II untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah agar budidaya padi bisa tambah bagus ke depannya.


Saat ini dinas pertanian sudah memiliki alat pengukur Ph tanah, sehingga setiap saat bisa digunakan untuk membantu Kelompok Tani Makmur Sembada, Kelurahan Bukit Tunggal.


Meski saat ini hasil tanam padi milik petani di Jalan Aslon II sudah cukup bagus, namun tidak ada salahnya tingkat kesuburan tanah di wilayah tersebut terus dilakukan pengecekan secara berkala.


Apalagi di wilayah ini merupakan wilayah bergambut dan kondisi air mengandung zat asam, sehingga setiap saat kondisi tingkat keasamannya selalu berubah.


Suwito menuturkan, dukungan ini diberikan dinas pertanian sebagai bentuk suport kepada petani agar mereka makin semangat untuk bercocok tanam, apalagi kegiatan mereka untuk mendukung program ketahanan pangan, sehingga harus terus difasilitasi.


Pihaknya berharap ujicoba tanam padi di lahan gambut seperti yang dilakukan Kelompok Tani Makmur Sembada ini bisa dicontoh oleh petani lainnya, apalagi wilayah Kota Cantik sangat luas dengan kontur lahan bergambut. (hms/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)