Abrasi Sungai Keude Blang Ancam Permukiman Warga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad



 

10 Januari 2021

Abrasi Sungai Keude Blang Ancam Permukiman Warga

Teks Foto: Camat Idi Rayeuk Rudi Saputra bersama kepala desa keude Blang tgk Usman saat meninjau abrasi sungai di dusun Meuligoe Keude Blang.

Aceh Timur/Suarakpk com- Volume air Sungai Keude Blang kecamatan Idi Rayeuk kabupaten Aceh Timur yang terus bertambah serta arus yang deras mengakibatkan terjadinya abrasi.Tak hanya mengikis tanggul sungai, abrasi yang terjadi pada Sungai Keude Blang juga mulai mengancam permukiman warga.Minggu (10/1/2021).Sedikitnya ada 5 rumah warga di dusun Meuligoe Keude Blang tersebut yang dilaporkan terancam ambruk akibat abrasi Sungai tersebut.Teks Foto:Camat Idi Rayeuk saat berdialog dengan warga setempat.


Camat Idi Rayeuk Rudy Saputra menjelaskan, longsor bibir sungai atau abrasi tersebut, diakibatkan hujan deras mengguyur sejak Minggu terakhir di wilayah Kecamatan Idi kabupaten Aceh Timur dan sekitarnya. 


“Akibat hujan deras sebagian tanggul runtuh dan menimbulkan cerukan tanah di pinggir sungai,” ungkap Rudy Saputra saat meninjau lokasi bersama kepala desa Keuchik Gampong Keude Blang Tgk Usman Musa.


"Saya menghimbau kepada warga sekitar lokasi longsor tersebut. agar waspada dan berhati-hati.


Kepala Desa Keuchik keude Blang Tgk Usman Musa mengaku khawatir melihat abrasi Sungai tersebut.Apalagi jika tidak segera dilakukan upaya antisipasi agar tidak mengancam  rumah warganya.


“Untuk mengatasinya kami  sangat  berharap ada bantuan dari pemerintah.


"Saya juga berkoordinasi dengan pihak muspika kecamatan untuk mencari solusi dan camat Idi Rayeuk juga mengatakan akan berkoordinasi dengan dinas terkait perihal abrasi sungai tersebut agar abrasi ini tidak semakin meluas,” jelasnya.(Dd).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)