Dinas Perikanan Serahkan Bantuan Benih Ikan Patin - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

18 November 2020

Dinas Perikanan Serahkan Bantuan Benih Ikan Patin

FOTO : Kelompok Pembudidaya Ikan Satu Sekata saat menebar bibit benih patin yang diberikan Dinas Perikanan Kapuas.

 

KAPUAS, suarakpk.com - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas melalui Kepala Dinas Ir Darmawan, menyerahkan bantuan berupa benih ikan Patin sebanyak 48 ribu ekor, pakan ikan sebanyak 8,7 ton dan 1,6 ton kapur kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Satu Sekata beberapa waktu yang lalu. Dalam kesempatan tersebut puluhan kantong bibit ikan Patin ditebar di kolam milik Pokdakan Satu Sekata.

 

“Bantuan kali ini adalah usulan masyarakat tahun 2020 melalui Musrembang yang kemudian diakomodir pokok pikiran dewan, selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Daerah dan dicairkan dengan Dana APBD. Kelompok ini kebetulan salah satu sasarannya tahun ini”. Tutur Darmawan.

 

Pokdakan yang berada di Desa Cemara Labat, Kecamatan Kapuas Kuala ini sebenarnya sudah membudididaya ikan selama kurang lebih tiga tahunan dan ikan Patin merupakan produksi utama.

 

Ketua Pokdakan, Mahani menerangkan bahwa sebelumnya kelompok budidaya ikan yang diketuainya memilih vakum produksi, karena pemasaran ikan Patin masih dihargai murah.

 

“Ini kita baru merintis lagi setelah sempat vakum, kemarin kita mengalami cukup kerugian karena biaya produksi tidak sesuai dengan hasil keuntungan yang kita peroleh”. Ujar Mahani.

 

Pokdakan ini dikatakannya kembali merintis dengan mengusulkan bantuan pada Musrembang tahun lalu. “Saya berharapnya semoga kedepannya lagi harga ikan Patin bisa lebih bagus, sehingga produksi kita juga bisa berjalan berkelanjutan”. Tutup Mahani. (hms/nto)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)