BKAD Mutiara Salurkan Bantuan Ke 15 Desa Se Kecamatan Tengaran - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad



 


 

21 November 2020

BKAD Mutiara Salurkan Bantuan Ke 15 Desa Se Kecamatan Tengaran

KAB. SEMARANG, suarakpk.com – Bertepatan Ulang Tahun BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Mutiara Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, kemarin Jumat (20/11/2020), memberikan Bantuan Sosial untuk 15 Desa seKecamatan Tengaran.

Kegiatan Penyerahan Bantuan Sosial BKAD Mutiara diselenggarakan di Kantor BKAD Kecamatan Tengaran dan dihadiri Camat Tengaran, Dewanto,S.STP, Kepala Desa Klero, H.Winarno A.MD, Kepala Desa Tegalrejo, Tarsono Setiadi yang juga sebagai perwakilan Hamong Projo, Ketua BKAD Mutiara Syamsuddin SAg dan Ketua UPK Budi Sarwanto bersama Anggotanya.

Ketua BKAD Mutiara Syamsuddin SAg melalui Ketua UPK, Budi Sarwanto saat ditemui di ruang kerjanya mengaku bersyukur BKAD, UPK Mutiara Kecamatan Tengaran telah dapat merealisasikan bantuan sosial kepada Desa-desa seKecamatan Tengaran.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini, BKAD, UPK Mutiara Kecamatan Tengaran, telah bisa merealisasikan Bantuan Sosial surplus,” ucapnya.

Dijelaskan Budi, bahwa pada kesempatan tersebut BKAD Mutiara menyalurkan Dana sosial masyarakat sebesar Rp.165 juta.

“Dana tersebut dibagikan kepada 15  Desa seKecamatan Tengaran, di mana jenis kegiatan Desa digunakan untuk penanganan Covid 19 ini, dan juga dana sosial lainnya, seperti bedah rumah, Bantuan MCK,” jelasnya.

Ditandaskan Budi bahwa BKAD Kecamatan Tengaran, mengelola anggaran eks PNPM dengan aset sampai saat ini sebesar kurang lebih, Rp.6 miliar dan kegiatan baru dilaksanakan dalam bentuk kegiatan perguliran dalam satu Kecamatan.

Budi menjelaskan bahwa dalam pengelolaannya, BKAD Mutiara Tengarang memiliki sekitar 256 kelompok, dimana satu kelompoknya beranggotakan 5 sampai 20 orang.

“Kalkulasi kami, dengan adanya dana ini, BKAD Kecamatan Tengaran baru dapat mencover kurang lebih 3.000 anggota,” jelasnya.

Menurut Budi, selain anggaran Rp.165 juta yang diserahkan kepada Desa, dirinya juga mengaku telah merealisasikan Dana Sosial terkait dengan Pandemi covid 19.

“Sebagai wujud partisipasi kami untuk menyalurkan beberapa bingkisan sembako kepada masyarakat miskin, yang notabenya mengakses Dana Perguliran eks PNPM, sejumlah 67 Paket untuk 15 desa, dimana masing-masing desa berbeda, ada yang 8 orang, ada yang 7 orang, sesuai dengan kondisi masyarakat yang mengakses Dana perguliran,” ujarnya.

Budi menuturkan, bahwa untuk dana eks PNPM, dikelola oleh BKAD Kecamatan Tengaran, melalui UPK Keuangan Kecamatan Tengaran.

“Alhamdulillah sampai pada saat ini, kegiatan berjalan dengan lancar, ada satu dua tiga mungkin permasalahan di kelompok, hanya sebatas tunggakan saja, tidak ada yang bermasalah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Kepala Desa seKecamatan Tengaran yang telah berpartisipasi aktif dan ikut mengawasi serta memonitoring kegiatan apapun yang dilakukan oleh BKAD Kecamatan Tengaran.

“Kita juga tidak akan pernah bisa berjalan seperti ini, tampa kerjasama dari beberapa elemen masyarakat termasuk pengawasan dari kecamatan juga dari kepala Desa,” ungkapnya.

Budi mengaku bahwa dalam keberhasilan pengelolaan BKAD Mutiara, dirinya juga menggandeng Lembaga penegak hukum di Kabupaten Semarang.

“Dimana Polsek juga masuk di tim pengamanan masalah dan kita juga bekerjasama dengan Kejaksaan Kabupaten Semarang untuk masalah Penanganan, namun sampai saat ini belum ada permasalahan yang sampai Litigasi, sebab semua permasalahan - permasalahan yang muncul, sampai saat ini, masih bisa kita selesaikan Non litigasi dengan secara kekeluargaan dan ataskerjasama dari Kepala Desa bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Mujib/Solikin/red)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)