Pembukaan Kegiatan Pelatihan Batik Tulis Dan Batik Cap Bagi Industry Kecil Menengah Yang Terdampak Covid-19 Dan Serah Terima Bantuan Peralatan Serta Bahan Baku Batik - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

20 Oktober 2020

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Batik Tulis Dan Batik Cap Bagi Industry Kecil Menengah Yang Terdampak Covid-19 Dan Serah Terima Bantuan Peralatan Serta Bahan Baku Batik



Batu Bara, suarakpk.com - Pembukaan Kegiatan Pelatihan Batik Tulis Dan Batik Cap Bagi Industry Kecil Menengah Yang Terdampak Covid-19 Dan Serah Terima Bantuan Peralatan Serta Bahan Baku Batik

di Aula RM Barokah Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara di Selasa 20/10/2020.


Hadir Kadis Koperindag Achmadan Chair S.Sos M.AP, Ketua dekranasda Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir SE, Camat Air Putih, Camat Laut Tador, Kades Pasar lapan, Kades Tanjung Kasau dan Peserta Pelatihan Membatik.


Dalam sambutan Kadis Koperindag menyampaikan, di adakannya pelatihan dan pemberian bantuan alat batik tulis dan batik cap untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Batu Bara untuk menunjang perekonomian dibidang Industri dimasa Pandemi Covid-19. 


Untuk pemasaran penjualan batik, IKM yang berada di Kabupaten Batu Bara akan bekerja sama dengan Koperasi dan BatubaraMart TP-PKK Batu Bara. 


Nantinya juga Bupati Batu Bara Ir H Zahir akan mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) untuk seluruh pegawai Kabupaten Batu Bara setiap Hari Jumat, wajib mengenakan pakaian Batik dari hasil karya Khas Batu Bara yang dari Industri Batik yang berada di Kabupaten Batu Bara.


Pelatihan berlangsung selama empat (4) hari dimulai dari tanggal 20 – 23 oktober, yang dilaksanakan dbarokah Barokah yang di ikutin sebanyak  27 orang pelaku industri Batik yang tersebar di berbagai kecamatan. Ujar Achmadan Chair.


Sementara, Ketua Dekranasda Ny Maya mengatakan, Batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekspresikan pada motif kain yang telah terkenal sampai mancanegara. 


Sehingga Dunia melalui UNESCO/PBB telah mengukuhkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage Of Humanity sebagai Peninggalan Budaya Dunia dari Indonesia.


Oleh karenanya, Dekranasda bersama Dinas Koperindag membuat pelatihan dan pemberian bantuan peralatan dan bahan baku pembuatan batik tulis dan batik cap, dengan tujuan peningkatan produksi serta pemulihan sektor ekonomi kreatif ditengah merebaknya wabah pandemik covid-19.


Dengan di adakannya pelatihan ini diharapkan akan tumbuh wirausaha baru yang menghasilkan produk desain yang inovatif dan kreatif sehingga dapat bersaing dan dapat memenuhi permintaan pasar fashion yang terus berkembang. 


Untuk pemasaran dan promosi saya akan memfasilitasi dengan mengikutsertakan Batik ini ke pameran local hingga Nasional. tutup Maya.


(575)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)