Kades Sarirejo Kendal Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Sarean - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Juli 2020

Kades Sarirejo Kendal Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Sarean


KENDAL, suarakpk.com – Menumpuknya sampah di aliran sungai Sarean yang berada di Desa Serirejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, menggugah kepedulian Kepala Desa Setempat. Seperti yang terlihat belum berapa lama ini, Rabu (9/7/2020), Kepala Desa Sarirejo Kaliwungu Zaenal Mutaqim mengandeng UPTD Dinas Pengairan dan warganya untuk bergotong royong membersihkan tumpukan sampah yang menumpuk dan mengangu aliran sungai Sarean.
“Karena sungai sudah sangat dangkal dan banyak tumpukan sampah sebelum musim hujan, kami segera mengadakan bersih bersih dan akan segera dinormalisasi,” tutur Zaenal saat ditemui suarakpk.com di lokasi kegiatan.
Dikatakan Zaenal, bila audah masuk musim hujan, air yang berada disungai sarean pasti meluap, karena kurang lancar dan banyak sampah.
“Luapan airnya masuk di kampung karangsari, jadi mengangu aktifitas warganya,” kata Zaenal.
Lebih lanjut, dijelaskan oleh Zaenal, belajar dari peristiwa selama ini, dirinya mengajak dan menghimbau masyarakatnya untuk tidak membuang sampah sembarangan termasuk di sungai sarean yang ada di Desa Sarirejo. Sehingga dirinya menergaskan, bahwa bilamana masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan akan memberikan sanksi sosial dan denda.
“Contoh dari sanksi sosialnya yakni membersihkan sampah di kali skunder (kali sarean) yang membentang di Desa Sarirejo,” tegasnya.
Dijelaskan Zaenal, bahwa peraturan tersebut bila diterapkan pada masyarakat desa sarirejo dengan  harapan masyarakat dapat sadar diri dan tidak membuang sampah sembarangan.
“Jika saluran sungai irigasi skunder bersih, maka aliran air jadi lancar bebas sampah akan menjadikan lingkungan yang bersih, masyarakat jadi sehat, aman dari banjir saat musim hujan,” pungkasnya. (ImamR/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)