Antusias Kerjasama Mencegah Wabah Covid 19 Warga Tanjung Rancing Lakukan Ini - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 Maret 2020

Antusias Kerjasama Mencegah Wabah Covid 19 Warga Tanjung Rancing Lakukan Ini

KAYUAGUNG, suarakpk.com - Warga Kelurahan Tanjung Rancing Kecamatan Kayuagung Kabupaten OKI terlihat sangat antusias melakukan penyemprotan disinfektan.
Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagian warga dengan bermodal cairan disinfektan racikan yang pendanaannya berasal dari  swadaya masyarakat.
Ichan selaku inisiator kegiatan tersebut bersama-sama Lurah Tanjung Rancing dan warga melakukan penyemprotan tepat di jalan poros Tanjung Rancing yang berseberangan dengan gedung serbaguna Kelurahan Tanjung Rancing.
Saat dibincangi, ichan mengatakan bahwa dana yang digunakan untuk melakukan penyemprotan ini berasal dari swadaya masyarakat Tanjung Rancing.
Menurutnya kegiatan positif ini dalam rangka mengikuti himbauan Bupati OKI terkait pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus covid-19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan virus korona yang saat ini tengah mewabah, bukan saja di beberapa tempat diluar Kabupaten OKI, namun juga sempat terindikasi sudah memasuki wilayah OKI.
"Kita lakukan sesuai dengan himbauan pemerintah. Kita juga tidak ingin virus ini mewabah di Kabupaten OKI, khususnya di kelurahan kita tercinta ini," jelas Ichan saat dikonfirmasi di lokasi penyemprotan, Rabu (25/3/2020).
Ichan juga menyebutkan bahwa saat ini tidak sedikit jumlah orang yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan (ODP). Untuk itu dirinya bersama Lurah dan warga Tanjung Rancing bahu membahu untuk melakukan pencegahan.
"Jangan sampai virus ini masuk ke wilayah kita. Makanya kita bergotong royong mulai dari pendanaan sampai dengan melakukan penyemprotan. Alhamdulillah warga antusias," tambahnya.
Di lokasi yang sama, Lurah Tanjung Rancing Mat Hasan juga menjelaskan terkait formulasi disinfektan yang disemprotkan. Ia mengaku bahwa cairan disinfektan yang disemprotkan adalah hasil dari racikan sendiri yang formulasinya didapat dari seorang dokter puskesmas yakni dr. Isa yang bertugas di Puskesmas Kutaraya.
"Ini formulasinya kita dapat dari dokter Isa yang bertugas di Puskesmas Kutaraya. Bahannya pun cukup sederhana, cukup dengan menggunakan cairan Wipol, Bayclin, dan dicampur dengan alkohol dan air," ungkap Mat Hasan.
Ia berharap dengan adanya penyemprotan ini minimal dapat mengurangi paparan virus yang notabenenya mampu menyebar melalui dropet (bersin, batuk). Sehingga penyebarannya bisa diminimalisir.
"Ini akan kita lakukan juga besok, serentak dengan kelurahan-kelurahan lain yang ada di Kecamatan Kayuagung. Mudah-mudahan tindakan ini dapat mencegah penyebaran virus yang sangat membahayakan kesehatan, sehingga masyarakat khususnya yang ada di Tanjung Rancing dapat terlindungi," pungkasnya.(Bgs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)