Peristiwa Bullying Di SMP Muhammadyah Purworejo, Seperti Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

15 Februari 2020

Peristiwa Bullying Di SMP Muhammadyah Purworejo, Seperti Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat


PURWOREJO, suarakpk.com - Peraturan untuk mencegah bullying di sekolah, tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 82 Tahun 2015. Namun, nampaknya, peraturan itu tampak tak berguna, pasalnya, Bullying tetap saja terjadi.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kabupaten Purworejo, mencatat kasus terbanyak di bidang pendidikan, adalah kasus kekerasan terhadap siswa yang salah satunya berbentuk bullying dan tawuran.
Daftar tersebut bertambah,baru-baru ini terjadi seorang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah, Desa Taman Sari Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo. Dimana siswi bernama Cahya Anugraheni telah menjadi korban kekerasan di sekolah yang diduga dilakukan oleh kakak kelasnya sendiri, banyak ditemukan luka lebam di sekujur tubuhnya.
Kejadian yang menimpa Cahya anugraheni diketahui luas setelah videonya viral di media sosial. tiga siswa laki-laki terlihat dalam video sedang menendang dan memukul siswa perempuan dengan sapu.
Diketahui bahwa Cahya anugraheni tergolong anak yang baik, dirinya mengaku kepada kakak dari orang tuanya, Nuryani, kalau ia sering dijahatin teman teman di sekolah.
“Sudalah bude jangan dilaporin polisi, nanti mereka dihukum, biar badanku yang sakit besok juga sudah sehat, asal mereka jangan dihukum,” kata Nuryani menirukan ucapan Cahya beberapa waktu lalu, Jumat, (14/2).
Peristiwa inipun mendapat perhatian dari salah satu tokoh masyarakat, Angko Setyarso Widodo, dimana dirinya justru berharap pelaku harus dihukum secara proporsional.
“Dan bukan kasus ini saja yang harus diselesaikan, tetapi ambil hikmahnya dan mencari akar permasalahan dari kejadian ini,” katanya.
Dirinya meminta untuk dapat diteliti, apakah standar pelayanan minimal pendidikan di Purworejo sudah benar sesuai standar.
“Apalagi yayasan SMP Muhammadiyah pendidikan berbasis agama, harapan saya semoga ke depannya tidak terjadi persoalan yang sama di tempat yang lain,” pungkasnya. (BS/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)