Dinkes Gumas Awasi TKA Asal Cina - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Februari 2020

Dinkes Gumas Awasi TKA Asal Cina


PALANGKA RAYA, SUARAKPK - Belakangan ini Cina dilanda wadah Virus Corona yang mematikan. Hal ini menjadi perhatian semua negara termasuk Indonesia sendiri, karena Indonesia salah satu juan wisata dan investasi mereka.

Maka, semua Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina mendapat pengawasan salah satunya di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng). Seperti halnya TKA yang bekerja di PT SKS Listrik Kilimantan Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gumas sendiri.

Sekretaris Dinkes (Dinkes) Kabupaten Gumas Evelnie SKM mengatakan, untuk TKA yang di wilayah Puskesmas Tumbang Jutuh,  ada bekerjasama dengan tenaga kesehatan yang ada disana, jadi mereka secara rutin itu melakukan pemeriksaan.

"Terakhir infonya yang saya terima dari Puskesmas disana, Kamis (06/02/2010) dan data terakhir memang tidak ada menemukan adanya wabah atau Virus Corona ini disana". Ujarnya.

Lanjutnya, untuk keaktifan dari puskesmas sendiri, sudah aktif melaporkan bahkan menindak lanjutinya di lapangan, karena sejak PT SKS ini berdiri di Tumbang Kajuei dan sudah bekerja sama dengan petugas kesehatan di Kecamatan Rungan. Tak hanya itu, diakuinya untuk alat pendeteksi sendiri tidak ada namun pihaknya akan terus melakukan tahapan awal mengetahui gejala virus itu, terus mendeteksi.

“Untuk alat khusus dan kita sendiri  di Gumas, masih belum ada tetapi yang mengarah ke gejala-gejala virus itu, baik itu demam dan yang lainnya tetap akan deteksi di skrening apabila ada tentu kita akan lakukan tindakan, otomatis di rujuk ke RSUD". Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Gumas M Rusdi melalui Kasubbid Kewaspadaan Dini dan Kerjasama Intelijen Kesbangpol Gumas, Yudeniririn Kunanto menyampaikan, bahwa data terakhir yang ada dengan pihaknya untuk Tenaga Kerja Asing (TKA) berasal dari Cina berkisar ratusan orang. Namun, sebagian masih ada ke tanah asalnya mengingat ada acara imlek tersebut. 

“Kemarin data yang kita terima terakhir ada sekitar 101 orang TKA asal China Hubei. Sebagian dari mereka itu ada yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan imlek disana dan tercatat ada sekitar 88 orang". Katanya. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)