Program Serasi di Lima Kecamatan Hampir 100 Persen - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Kawal Rp.72 Triliun Dana Desa TH.2020

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

Hari Pers Nasional 2020

29 Januari 2020

Program Serasi di Lima Kecamatan Hampir 100 Persen

GUNUNG MAS, SUARAKPK - Dinas Pertanian (Dispetan) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terus menjalankan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dilima kecamatan. Sekarang ini pun sudah mencapai 100 persen, hal tersebut disampaikan Kasi Lahan dan Irigasi Dispertan Gumas Imanuel.

“Ada lima kecamatan yang menerima program Serasi. Seperti Kecamatan Sepang 20 Ha, Mihing Raya 20 Ha, Tewah ada 50 Ha, Rungan 20 Ha dan Kecamatan Kurun 160, terakhir Kecamatan Rungan 150 Ha. Selama kegiatan ini didampingi TNI dan Dinas DPKP dan capaian progresnya diperkirakan 100  persen". Kata  Imanuel.

Dikatakannya, jumlah keseluruhan capai 400 Ha. Sebab dana anggaran yang dikucurkan Pemerintah Pusat langsung ke rekening kelompok tani, karena menggunakan dana APBN. Maka, yang dilakukan ialah pembuatan jalan, parit dan pembuangan termasuk merapikan lahan yang belum bisa difungsikan. 

“Ini adalah program Pemerintah Pusat, kita hanya mendampingi. Anggaran sendiri dari APBN, dananya dialirkan langsung ke sembilan UPK yang ada, jumlah per Ha, Rp 4,3 juta persatu hektaranya". Ungkapnya.

Imanuel menambahkan, program pemerintah tersebut sebenarnya, guna meningkatkan indeks pertanaman dan produktifitas. Maka, dilakukan penataan sistem tatakelola air dan lahan. Agar upaya itu, untuk peningkatan suatu usaha bagi masyarakat terlebih kepada kelompok tani yang ada.

“Dengan dilakukan pengelolaan seperti ini nantinya tingkat kesenjangan para petani dapat lebih baik karena disaat musim kemarau air masih tersedia begitu pula sebaliknya, artinya iklim buat pertanian seimbang atau normal, dan petani juga program ini bisa dapat berlanjut". Cetus dia. (Alw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi