Bupati Batu Bara Menghadiri Sekaligus Membuka Pelaksanaan Musrenbang Desa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

30 Januari 2020

Bupati Batu Bara Menghadiri Sekaligus Membuka Pelaksanaan Musrenbang Desa


Ketgam Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd saat membacakan pidato Bupati Zahir pada Musrenbang Desa Sei Raja Kamis 30/01/2020.

Batu Bara,suarakpk.com - Bupati Batu Bara Ir Zahir M. AP diwakilkan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd menghadiri sekaligus membuka Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara 30/01/2020. 

Turut dihadiri Kadis PMD Radiansyah F Lubis S. Sos, Kadis Ketapang Azwar, Kadis pertanian M Ridwan SP. M. AGRIC SC,  Dinas PUPR diwakilkan Kabid Jasa Konstruksi dan perlengkapan Rendi Aprianto ST, BAPPEDA, Camat Medang  Deras Syahrizal SH, Danramil 01 MD, Polsek Medang Deras, Kades Sei Raja Wahid Iskandar Barus S. Pd.I, BPD, LPM, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, TP PKK Kecamatan dan Desa serta ratusan masyarakat, tim Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi juga para penyuluh pertanian. 

Pidato Bupati yang dibacakan Kadisdik Ilyas Sitorus menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bertujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan melalui pembahasan dengan pendekatan teknokratis, partisipatif dan Bottom Up planning serta pendekatan holistik, tematik, integratif dan spasial yang akan dirumuskan sebagai masukan dan saran terhadap RKPD Kabupaten Batu Bara. 

Musrenbang Desa merupakan sarana/proses bermusyawarah didalam masyarakat yang ada di-Desa ini,  untuk menentukan arah pembangunan, menggali informasi, menyatukan persepsi agar tersusun rencana yang tepat guna dan tepat sasaran serta berkelanjuta.

Diharapkan kepada Kades bersama perangkat lainnya juga Tokoh Masyarakat, pemuka agama agar berperan aktif dalam memprioritaskan pembangunan yang hasil akhirnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat seperti jalan penghubung antar Desa, jalan dan Kelurahan serta jalan penghubung Desa menuju Kecamatan, akses sarana/prasarana pendidikan, akses sarana/ prasarana kesehatan,  Kebudayaan,  pertanian,  peternakan, perikanan, pariwisata, UMKM dan yang lain. 

Kadis Pertanian Batu Bara mengharapkan kepada kelompok tani untuk segera memasukkan proposal bantuan karena jika terlambat nantinya akan sulit direalisasikan. 

Dalam kesempatan itu kades Sei Raja menyampaikan 4 permohonan warga pertama jalan utama karena setiap panen mobil pengangkut selalu terjerembab dan ini menghambat distribusi hasil panen, Kedua alat penyulingan minyak gunanya untuk memperkerjakan para PKK. 

Ketiga ada 23 kolam ikan di-Dusun Lubuk Pulai yang dikordinir para kelompok ikan yang mana sebelumnya dikelola secara pribadi namun dalam hal ini karena keterbatasan biaya, warga sangat kesulitan mendapatkan bibit dan pakan dan ke Empat, Jalan Usaha Tani yang selama ini terpisah oleh kawasan pertanian dan ini sangat dibutuhkan pembuatan jalan. 

" Semuanya sangat vital dan saya harap pak Bupati benar-benar memperhatikan Desa kami" harap Kades.

Kepada wartawan, untuk jalan yang diusulkan warga,  pihak Dinas PUPR melalui Kabid Jasa Konstruksi dan Perlengkapan Rendi Aprianto ST
mengatakan pada tahun ini jalan utama Desa Sei Raja akan dilakukan perbaikan dan pada P-APBD tahun 2020 akan dilanjutkan pembuatan hotmik.

"Tahun ini juga akan dilakukan perbaikan dan P-APBD 2020, jalan itu akan di hotmik " katanya. 

(muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)