Anggota DPRK Yahya Ys, melihat sentra bibit berbagai jenis tanaman di peudawa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

25 Januari 2020

Anggota DPRK Yahya Ys, melihat sentra bibit berbagai jenis tanaman di peudawa

Anggota DPRK Yahya Ys dari fraksi partai Aceh (PA) ditempat penangkaran bibit unggul di peudawa.
Aceh timur/Suarakpk Com–Penangkaran bibit unggul terbesar di Aceh Timur berada di Kecamatan Peuruelak Barat. Segala jenis bibit tanaman dari buah hingga herbal tersedia dengan harga miring, ujar Yahya Ys Salah satu Anggota DPRK dari fraksi partai Aceh (PA) anggota komisi D.sabtu (25/1/2020) siang.
Pengelola penangkaran bibit unggul Siswo di desa seunuebok puntuet kecamatan peudawa.
Penangkaran bibit di Kabupaten Aceh timur ini terdapat di beberapa kecamatan seperti di peudawa, peureulak barat, Namun yang menjadi pusat terbesar pembibitan tanaman terdapat di Kecamatan Peureulak Barat Desa Paya gajah yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani tanaman berbagai jenis tersebut.

Berbagai tanaman mulai dari buah-buahan,bunga, herbal hingga pohon kayu disediakan di sana.
Muhammad, salah seorang pekerja pada penangkaran bibit unggul di peudawa.
Lanjutnya kita berharap kepada Dinas terkait tidak perlu lagi untuk mencari bibit ke luar daerah di karena ada 17 jenis macam-macam bibit ada di tempat kita Aceh timur yaitu di desa kecamatan peudawa dan Paya gajah kecamatan Peureulak barat.ujar Yahya Ys.

Salah satu pengelola penangkaran bibit pohon, Pak Siswo yang sudah bergelut selama lebih dari 10 tahun dalam dunia pembibitan tersebut mengaku bahwa tanamannya telah dipasarkan ke provinsi Aceh dan di luar kota Aceh.

"Ya yang banyak yang pesan dari berbagai kota diluar Aceh timur, termasuk Aceh barat.Tadi pagi ada yang dari luar aceh, jam 03.00 dini hari udah sampai sini malah," kata siswo ketika ditemui awak media di ladangnya di Desa peudawa.
Adapun bibit tanaman yang kita olah yaitu
Bibit yg ada stok di peudawa
1.jengkol
2.petai papan
3.jernang
4.durian anak
5.aren
6.asam glugur
7.gaharu
8.mahoni
9.trembesi
10.sengon putih
11.sengon merah
12.bambu
13.kemiri
14.pinang betara/unggul nasional
15.sirsak/lona
16.kayu putih
17.manggis
18.bakau/bangka
19.nibong
20.sawit
21.lada.
Diwawancara terpisah, Muhammad salah seorang pekerja yang tengah memuat ribuan bibit pohon senang dengan pekerjaan ini.Ia sendiri mengaku sudah lebih dari 5 tahun bekerja Disini,dan saya berharap pemerintah daerah terutama dinas terkait agar bisa melihat langsung kelokasi tempat penangkaran bibit Didesa kami.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)