25 Orang Dapat Bantuan Ternak Ayam - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Kawal Rp.72 Triliun Dana Desa TH.2020

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

10 Januari 2020

25 Orang Dapat Bantuan Ternak Ayam

GUNUNG MAS, SUARAKPK – Pemerintah Gunung Mas (Gumas) terus melakukan pembinaan terhadap warga yang kurang mampu, yaitu Kelompok Usaha Bersama (Kube) Keluarga Rawan Sosial Ekonomi (KRSE). Bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tahun 2019.

“Yang tergabung ada 25 orang di dua kecamatan. Mereka kita berikan bibit ayam secara gratis". Ungkap Kabid Pemberdayaan Sosial Yuritae mewakili Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gumas Budhy dan Keluarga Kambang, Rabu (08/01/2020).

Lanjut Yuritae, lima kelompok yakni Sejati, Kerja Sama dan Hapakat dari Desa Luwuk Tukau, Kecamatan Manuhing Raya, serta kelompok Sei Hanyo Bersatu dan Hamputung Hapakat dari Desa Tumbang Hamputung, Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

“Setiap satu kelompok terdiri dari lima orang WRSE. Satu kelompok mendapatkan sekitar 50 ekor ayam. Selain itu, mereka juga mendapat bantuan pakan dan vitamin untuk ayam". Ujarnya.

Dia mengatakan, WRSE yang tergabung dalam lima kelompok tadi merupakan para janda yang tidak memiliki penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Bantuan ayam ini diharapkan dapat menjadi modal untuk berternak.

“Ternak ayam sebagai bantuan dari Dinsos ini, kita harapkan dapat terus dikembangkan untuk menambah penghasilan mereka". Jelasnya.

Selain itu, tambah dia, penerima bantuan juga harus membuat pembukuan usaha secara baik dan rapi, yang didampingi oleh pembina, pendamping Kube dan kepala desa (kades) setempat. Mereka juga wajib membuat pelaporan dan dokumentasi terhadap semua kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan pendampingan, sekaligus menyampaikan laporan tersebut.

“Pada akhir tahun 2019 lalu, kami sudah melakukan monitoring dan evaluasi kepada kelompok penerima bantuan itu. Hasilnya, sejauh ini mereka dapat mengembangkan bantuan ternak ayam tersebut dengan baik". Tutup Yuritae. (Nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi