Warga Berharap Sepanjang Aliran Sungai Glondong Desa Patoman dilakukan Normalisasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

04 November 2019

Warga Berharap Sepanjang Aliran Sungai Glondong Desa Patoman dilakukan Normalisasi

Foto : Aktifis LSM Somasi Tim investigasi, Agus Purwanto

BANYUWANGI, suarakpk.com – Sepanjang aliran sungai Glondong kuranglebih 500 meter tepatnya berada di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari perlu dilakukan normalisasi. Karena, sepanjang aliran tersebut terjadi pendangkalan akibat dari tumpukan material yang terbawa derasnya aliran sungai.

Diungkapkan Kepala Desa (Kades) Patoman, Drs Suwito saat ditemui dikediamannya mengatakan, aliran sungai Glondong tersebut sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa disaat musim penghujan selalu banjir hingga masuk ke pemukiman warga dan lahan milik warga masyarakat sekitar aliran sungai tergenang hingga ketinggian antara 1 meter sampai 2 meter.
Selain itu, tumpukan matrial tanah, batu dan kerikil disaat musim penghujan datang mengendap hingga terjadi pendangkalan.
" Kami mewakili warga masyarkat belibis bersama - sama Kelompok Masyarakat (Pokmas) telah mengajukan adanya kegiatan normalisasi pada dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi. Ini saja sudah terlihat disaat musim penghujan pertama, ketinggian air bisa mencapai antara 50cm sampai 1 meter," Terangnya.
Begitupula diungkapkan, tim investigasi Somasi, Agus Purwanto mengatakan, bahwa di Kabupaten Banyuwangi ada sejumlah titik rawan bencana banjir yang perlu menjadi prioritas utama untuk dilakukan kegiatan Normalisasi.
Salahsatunya, disepanjang aliran sungai Glondong, Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari. Yang mana disetiap musim penghujan air yang mengaliri sungai tersebut  disaat banjir mengikis tanah milik warga yang berada disepanjang pinggir aliran sungai.
Tak hanya itu, ratusan kubik sampah berserakan nampak terlihat jika disaat musim penghujan.
" Kami dari Lembaga Somasi menghimbau dan mengharap pada Dinas PU Pengairan untuk melakukan pendataan ulang dan melakukan pemantauan disejumlah titik lokasi aliran sungai yang rawan banjir," Ungkapnya.
Selain itu, dilihat dari sejumlah titik lokasi rawan banjir saat ini sudah dilakukan kegiatan Normalisasi oleh Dinas PU Pengairan Banyuwangi. Hal ini perlu dilakukan dukungan dari semua pihak karena hal tersebut merupakan kepentingan dan harapan warga masyarakat setempat.(Tyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)