Petilasan Lastono Syeh Siti Jenar Sepi Pengunjung - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

04 November 2019

Petilasan Lastono Syeh Siti Jenar Sepi Pengunjung

Keterangan : foto kondisi sepinya Petilasan Syeh Siti Jenar desa Lemahbang kulon, Kabupaten Banyuwangi

BANYUWANGI, suarakpk.com – Kini, suasana petilasan Lastono Syeh Siti Jenar yang terletak di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi setiap harinya nampak  terlihat sepi pengunjung karena sudah tidak ada juru kuncinya yang menempati tempat tersebut.
Pantauan wartawan saat berada dilokasi selama sepekan ini kondisi suasana petilasan syeh Siti Jenar lain dari biasanya. Padahal, dari beberapa bulan yang lalu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota dan lokal banyuwangi.
Menurut pengakuan dari sejumlah warga, bahwa juru kunci yang biasanya selalu ada ditempat petilasan sudah tidak berada di tempat itu, setelah ada penutupan warung yang berada didalam areal lokasi oleh pemerintahan desa.
Dengan tidak adanya juru kunci yang selalu siap berada di petilasan syeh Siti Jenar baik secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi volume pengunjung yang hendak kesana.
" Menyikapi hal ini setidaknya instansi pemerintah untuk mencarikan solusi terbaik dalam menyelesaikan adanya persoalan yang ada di pemerintahan desa Lemahbang kulon,"ujar sejumlah warga yang enggan dimintai keterangan nya.
Ditemui terpisah, juru kunci petilasan syeh Siti Jenar, Turin saat ditemui mengatakan, selama tidak berada ditempat petilasan ia terfokus mengelola usaha warung nya berada di barat jalan kantor desa.
" Saya sekarang sudah tidak lagi bekerja menjadi juru kunci lagi, nanti jika dibutuhkan untuk konsultasi saya tetap bersedia membantu menerangkan mengenai apa saja mengenai keberadaan dan sejarah adanya petilasan itu,"Bebernya.
Dikonfirmasi terpisah, Kepala dinas pariwisata melalui Sekdin, Cholik Ridha mengatakan, keprihatinannya terkait sepi nya tamu yang biasanya berkunjung kesana. Kedepan, akan dilakukan kordinasi kepada pihak pemerintahan desa Lemahbang kulon dalam melakukan pengelolaan kembali.(Tyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)