Parade Seni Barongan Sekabupaten Blora Masih Diminati Warga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

10 November 2019

Parade Seni Barongan Sekabupaten Blora Masih Diminati Warga

Blora, suarakpk.com - Sejumlah  ribuan orang memadati sekitar Alun-alun Kabupate Blora melihat pertunjukan barongan dari berbagai kalangan. ada juga dari pelajar SMP, SMA,Umum, yang tergabung dalam paguyuban seni barongan, Sabtu (9/11).

Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si yang berkesempatan turun dari panggung untuk foto bersama dengan para seniman, mengaku senang dengan perkembangan seni budaya khas Blora ini.

“Mewakili Bapak Bupati, kami sampaikan salam hormat kepada seluruh seniman yang terlibat. Semangatnya luar biasa untuk melestarikan kesenian Barongan Blora agar kedepan bisa lebih maju. Dengan Festival Barongan ini, kami berharap identitas Blora Kota Barongan semakin kuat. Festival seperti ini akan kita teruskan sebagai agenda tahunan, yang mana tahun ini sudah menginjak tahun kelima,” terang Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, adanya festival seni budaya seperti ini juga bisa untuk mendukung industri pariwisata di Kabupaten Blora.

“Tadi saat saya berjalan menuju panggung kehormatan dari rumah dinas, bisa dilihat di sepanjang rute, ekonomi masyarakat berputar, jasa parkir banyak, pedagang kaki lima laris manis, sektor kuliner menggeliat. Bahkan tempat penginapan juga bisa meningkat huniannya jika dikemas lebih baik lagi selama beberapa hari. Ini potensi yang harus terus digarap dengan baik,” lanjut Wakil Bupati.

Pihaknya ingin seluruh potensi seni budaya yang ada di Kabupaten Blora bisa dikemas menjadi daya tarik wisata melalui beragam bentuk festival.

Untuk diketahui, seni barongan bagi masyarakat Blora merupakan seni pertunjukan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Menurutu cerita lisan masyarakat Blora, Barongan sendiri merupakan sosok jelmaan Gembong Amijoyo, harimau penjaga Alas Jati Wengker (hutan jati) yang di dalamnya menyimpan banyak kekayaan alam.

Kesenian barongan, dahulu hanya dipakai untuk kepentingan acara adat seperti tradisi ruwatan, tolak bala, sedekah bumi, dan lamporan. Namun kini sudah berkembang menjadi seni pertunjukan rakyat yang kerap dimainkan dalam berbagai acara hajatan, pentas kemerdekaan hingga event seni budaya. Di Kabupaten Blora sendiri, masing-masing desa memiliki grup kesenian barongan yang jumlahnya lebih dari 300 grup.
(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)