Inilah Sosok Mantan Kabag Humas Pemprovsu Yang Menjabat Plt Kadisdik Batu Bara - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

02 Oktober 2019

Inilah Sosok Mantan Kabag Humas Pemprovsu Yang Menjabat Plt Kadisdik Batu Bara

Ketgam Plt Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd saat ditemui diruangan Rabu 02/10/2019.




Batu Bara, suarakpk.com - Semenjak Ilyas Sitorus SE M.Pd menjabat Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara terjadi pro kontra antara sesama aktivis juga para penggiat berita. 

Soalnya pasca dicopotnya dari 
Provinsi Sumatera Utara, suami dari Roudhah Damanik SH M. Kn ini langsung direkrut Pemkab Batu Bara. 

Entah ide siapa namun yang pasti saat sekarang ini ayah dari 3 anak ini sekaligus mendapat 2 jabatan empuk yakni Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) sekaligus menjabat Plt Kadisdik Kabupaten Batu Bara. 

Hal ini tentunya menjadi banyak pertanyaan dari Masyarakat Batu Bara, kenapa orang yang sudah dicopot malah dirangkul dan ditempatkan pada posisi yang empuk. 

Melihat perjalanan sang mantan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu) ini tentunya sangat menarik untuk ditelusuri dan diketahui publik agar tidak selamanya menjadi preseden buruk bagi banyak kalangan karena bak pepatah mengatakan mendung tak berarti hujan, artinya sejelek jelek sifat manusia pasti ada nilai kebaikan yang diperbuat.

Pasca mendapat kepercayaan sebagai Plt. Kadisdik Batu Bara pada Selasa 27/08/2019 lalu oleh Bupati Batu Bara melalui Asisten II Renold Asmara, tidak lama kemudian aksi massa pun terjadi, dikutip dari salah satu media harian terbitan Medan Jum'at 20/09/2019 edisi 1006/tahun ke3 Masyarakat yang mengatasnamakan Ikatan Mahasiswa Melayu Indonesia (IMAMI) pada Kamis 19/09/2019 melakukan orasi didepan gedung DPRD Sumatera Utara (SU) jalan Imam Bonjol Medan.

Dalam orasi Mahasiswa meminta agar anggota DPRD SU yang membidangi Pendidikan segera memanggil Kadisdik Batu Bara karena diduga telah bermasalah saat menjabat Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemprovsu. 

Selain itu IMAMI Sumut juga meminta agar Ilyas Sitorus segera dicopot dari jabatannya sebagai Plt Kadisdik Batu Bara.

Entah apa kesalahan yang beliau lakukan, hanya Sang Pencipta dan Mahasiswa serta Pemrovsu yang mengetahui namun semenjak yang bersangkutan menjabat Kadisdik Batu Bara, banyak terobosan yang dilakukannya.

Saat diangkat menjadi Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) sekaligus menjabat Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara,  Ilyas Sitorus banyak diketahui  membuat terobosan baru,  misalkan dengan melibatkan media dalam setiap kegiatan Dinas yang dipimpinnya dan membuat rilisan berita kegiatan di Dinas tersebut. 

Dengan membuat rilis kegiatan yang disiapkannya, menjadikan Disdik Batu Bara akan diketahui dan lebih dikenal Masyarakat luas.

Ditemui diruangannya Rabu 02/10/2019 ncekli safaan akrab ilyas mengatakan medialah salah satu sarana yang bisa mengkabarkan ke publik apa, sedang dan yang telah dilakukan, karena salah satu fungsi media itu adalah sebagai fungsi informasi disamping fungsi pendidikan, fungsi hiburan dan fungsi sosial serta fungsi fungsi lainnya.

Selain itu beliau juga memberikan Pendidikan dini kepada 5 orang anak dari Sekolah Dasar (SD) dari setiap sekolah yang ada ditepian pantai di-Kabupaten Batu Bara dengan bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) yang ada di-Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara dan ini belum pernah dilakukan Kadis sebelumnya. 

Dengan melihat terobosan yang ddilakukanya,  tentu akan jadi pembelajaran tersendiri bagi anak anak dan jadi kenangan tersendiri bagi mereka, karena menurut guru pendamping yang mengikuti kegiatan itu, anak anak di beri pengetahuan tentang pelabuhan, dan dibawa langsung melihat dari dekat aktifitas di pelabuhan kuala tanjung yang di kelola oleh Pelindo I.

Dengan melihat kapal kapal besar para Siswa/i SD merasa takjub dan ini mungkin hanya mereka lihat melalui Televisi saja.  

Selain itu beliau juga kerab turun kesekolah sekolah dan meninjau langsung mulai dari banjir yang melanda sekolah dan mencari solusi untuk mengatasinya, kebersihan sekolah termasuk toilet, kelas dan juga gedung sekolah serta melakukan koordinasi dengan pengelola jembatan timbang terkait banyaknya truk - truk yang parkir di sisi bahu jalan kiri dan kanan jalan lintas Sumatera yang mengakibatkan terhalangnya akses keluar masuk ke salah satu SDN di Simpang Dolok Estate tak luput dari perhatiannya. 

Diantara banyaknya yang menjabat Plt Kadisdik Batu Bara dalam kurun 8 bulan terakhir mulai dari NY, BRS kembali lagi NY dan kembali lagi BRS setelah itu Rwd (terdakwa dugaan Pungli) kemudian HMS dan Ilyas sitorus.

Dari yang disebutkan diatas hanya Ilyas Sitorus yang gampang ditemui dan mudah dihubungi baik lewat WhatsApp maupun Hp.

Sedikit diinformasikan jejak rekam Ilyas Sitorus SE M. Pd sebelum diangkat menjadi Plt Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas S. Sitorus, S.E., M.Pd. yang masih berstatus Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Medan Jurusan Manajemen Pendidikan Semester III saat ini lahir Di Pulau Rakyat 19 Januari 1967, mempersunting putri Tanjungbalai bernama Rodhoh Br. Damanik, S.H, M.Kn., dan saat ini dikaruniai 1 putra dan 2 putri masing masing M. Ichsan Rouyas Sitorus, S.H., M.Psi., Lahir di medan 29/01/1996 dan masih Mahasiswa Pascasarjana Fak Hukum USU saat ini dalam proses penyelesaian tenis S2 untuk yg ke duanya, selanjutnya putri keduanya Siti Yolanda Rouyas Sitorus juga lahir di medan 03/01/1998 masih Mahasiswa di FH UMSU serta putri ketiga Siti Rahmadini Rouyas Sitorus juga lahir di medan 4/01/2000 dan masih Mahasiswa Spikologi USU.

Beliau mengawali karirnya sebagai PNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang penempatannya di Kandepdikbud Kodya Tanjung Balai tahun 1988 dan sempat diberi kepercayaan sebagai penilik generasi muda sebelum pindah tempat tugas ke Kanwil Depdikbud Provinsi Sumatera Utara tahun 1994. 

Berbagai jabatan selama di Kanwil Depdikbud dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara di percayakan kepada pria yang berkumis tipis dan selalu berpenampilan rapi ini, mulai dari Kepala Seksi Sarana Prasarana Dikdas dan PLB Disdik Sumut kemudian menjabat sebagai Kepala Bagian Pendidikan Menegah dan Tinggi untuk mengurusi SMA, SMK dan Perguruan Tinggi serta Kapala Bagian Pada Pendidikan Dasar dan PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara serta berbagai program kegiatan yang bersumber dana dekon/APBN Maupun Dana Loun pernah dipercayakan pimpinan untuk di kelolanya, sebelum pindah tempat tugas ke lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2012 akhir sebagai Kepala Bagian Kas pada Biro Keuangan Setdaprovsu seterusnya dipercayakan sebagai Kepala Bagian Trantibun dan Linmas pada Biro Pemerintahan Umum dan diamanahkan sebagai Plt. Kepala Biro Pemerintahan Umum.

Pada masa kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara H. T. Erry Nuradi di akhir tahun 2016 membentuk OPD baru bernama Biro Humas dan keprotokolan Setdaprovsu, ilyas dipercayakan sebagai Kepala Bagian Pelayanan Media dan Informasi pada Biro Humas dan Keprotokolan di awal tahun 2017 dan sekaligus Gubernur T. Erry Nuradi mempercayakan kepadanya sebagai Plt. Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu dan defenitif sebagai Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Maret 2017 s/d Mei 2019 selanjutnya dipindah tugaskan sebagai Staf Fungsional pada Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Sumatera Utara sejak minggu pertama Mei 2019 s/d minggu ketiga Agustus 2019.

Melihat pengalaman bekerja dan malang melintang di jajaran Birokarasi seorang Ilyas Sitorus, rasanya dibawah kepemimpinan Bupati H. Ir. Zahir, M. AP dan Wakil Oky Iqbal Frima, S.E Batu Bara akan lebih berkembang khususnya dunia pendidikan dan keberadaanya juga sudah tidak diragukan lagi  untuk membantu Pemkab Batu Bara dalam mengelola Pemerintahan untuk bidang Pendidikan di Kabupaten Batu Bara tanah bertuah ini.

Sebelumnya Kadisdik Ilyas Sitorus melalui pesan WhatsApp mengatakan bahwa Sebenarkan surat persetujuan tempat untuk di Batu Bara pindahnya dr provinsi ke Batu Bara 5 hari setelah tidak menjabat sudah di keluarkan Pak Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP. namun krn berbagai pertimbangan kita meminta waktu s/d tiga bulan.

Pertimbangan yang paling utama adalah jangan dikira kira mengejar ngejar jabatan sehingga begitu tidak menjabat langsung pindah. Jadi selama menjadi fungsional di Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara kita buktikan dan tunjukkan bahwa jabatan adalah amanah dan kepercayaan Pimpinan dengan terus mengikuti apel, upacara dan absen tepat waktu baik pagi maupun sore, kita tetap bersama kawan kawan di lingkungan Perpustakaan" tulisnya. (Muhammad amin) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)