Pemkab Batu Bara Gandeng TF Melaksanakan Pameran Pendidikan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

23 September 2019

Pemkab Batu Bara Gandeng TF Melaksanakan Pameran Pendidikan

Ketgam Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus SE M. Pd (tengah) pada rapat akhir persiapan pameran Pendidikan diaula SMK Budhi Darma Air Putih Senin 23/09/2019

Batu Bara,suarakpk.com - Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus SE M. Pd mengikuti rapat akhir persiapan pameran Pendidikan di Aula SMK Swasta Budhi Darma Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara Senin 23/09/2019.

Usai acara, kepada wartawan Ilyas mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara akan bekerja sama dengan Tonato Foundation (TF) mengelar kegiatan pameran pendidikan yang akan diselenggarakan pada Kamis, 26 September 2019 .

Lanjutnya pameran itu nantinya akan menampilkan unjuk karya dan demontrasi Siswa, pameran praktik baik dalam pembelajaran dan Seminar serta talkshow pendidikan yang akan di hadiri  pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Direktur TF.

Dan menurutnya Pemkab Batu Bara telah bekerjasama dengan TF sejak tahun 2018 dan telah menyelenggarakan Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran atau disingkat PINTAR dan telah melatih 435 orang Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta juga mendampingi 24 Sekolah Dasar, MI, SMP serta MTs Negeri dan Swasta.

Selain itu Ilyas juga mengungkapkan  dengan penyelenggaraan acara Pameran Pendidikan dapat memberikan gambaran dan berbagi pengalaman pelaksanaan Program Pintar Tanoto 
Foundation (PPTF) dari 24 sekolah mitra.

“Kita selalu berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam dunia pendidikan terutama guru dan Kepala Sekolah" ungkapnya.

Pria yang akrab disapa ncekli ini mengatakan Disdik Batu Bara akan terus mencari fatner untuk di jadikan mitra kerjasama seperti PPTF. 

"kita berharap akan muncul Tanoto Tanoto lainnya di Batu Bara"  katanya.

Beliau menambahkan yang telah berjalan terus didorong untuk dapat disebar luaskan ke seluruh sekolah yang ada baik ditingkat SD maupun SMP karena melalui pameran pendidikan ini diharapkan seluruh sekolah dapat melihat dan mencontoh perubahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar serta pengelolaan Sekolah kearah yang lebih baik, selaras dengan program Pemkab Batu Bara dalam meningkatkan kualitas Pendidikan dan sumber daya Manusia yang produktif, inovatif dan berbudaya.

"Unjuk karya praktik baik pendidikan juga akan memberikan gambaran pengalaman dan cerita sukses tentang pelaksanaan program agar para pengunjung nantinya dapat terdorong untuk melakukan hal yang sama di sekolahnya dengan menyaksikan hasil karya serta inovasi pembelajaran yang akan di tampilkan oleh Kepala Sekolah, guru dan siswa" Pungkasnya.

Sementara perwakilan dari TF bernama Bobby Widanto menjelaskan dalam satu siklus implementasi program modul pertama Pembelajaran Aktif dan Manajemen Berbasis Sekolah, proses pendampingan sekolah mitra pasca pelatihan telah dilakukan oleh 32 orang Fasilitator Derah yang telah di bentuk sebelumnya melalui Training od Trainer (ToT) yang berasal dari Sekolah sekolah yang ada di Kabupaten Batu Bara. 

" Dari 16 SD/MI dan 8 SMP/MTs, Sekolah dampingan mitra program yang telah berjalan satu tahun" jelasnya.

Selain perwakilan dari TF Bobby juga Koordinator PPTF untuk Wilayah Kabupaten Batu Bara mengungkapkan peningkatan kualitas pendidikan harus di mulai dari guru, kepala sekolah, pengawas dan Komite dalam penyelenggaraan pendidikan, pembelajaran yang dulu hanya terpusat pada guru, saat ini telah harus berubah terpusat kepada siswa. 

“Melalui program Pintar Tanoto Foundation yang bekerjasama dengan Pemkab Batu Bara melalui Dinas Pendidikan kami telah melatih 435 orang guru, Kepala Sekolah dan Pengawas serta Komite di kabupaten Batu Bara ini dalam Pembelajaran Aktif, Manajemen Berbasis sekolah serta Budaya Baca" ungkapnya.

Dengan menjadikan 24 SD, MI, SMP dan MTs sebagai sekolah mitra Bobby berharap dapat menjadi contoh perubahan peningkatan kualitas Pendidikan yang akan disebarkan keseluruh Sekolah yang ada di-Kabupaten Batu Bara.

“Capaian dan perubahan sekolah mitra menjadi sebuah kebutuhan untuk dapat disaksikan oleh pemangku kepentingan Pendidikan dan Masyarakat di Kabupaten Batu Bara, maka kami merancang aktifitas pameran Pendidikan “Unjuk Karya” praktik baik pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah serta Budaya baca, dimana nantinya kita dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan siswa, dan guru dari 24 sekolah, melihat perubahan yang telah terjadi” harapnya. (muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)