RIZKY PENDERITA TIBI PARU DAN GIZI BURUK HARAPKAN ULURAN TANGAN DARI PEMERINTAH JUGA DONATUR - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

22 September 2019

RIZKY PENDERITA TIBI PARU DAN GIZI BURUK HARAPKAN ULURAN TANGAN DARI PEMERINTAH JUGA DONATUR

Ketgam Rizky saat terbaring dikediaman 

Batu Bara, suarakpk.com - Rizky Darmansyah (17) anak pertama dari 3 bersaudara Warga Dusun XI Desa Sukamaju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara
sudah 2 tahun mengalami penyakit Tibi Paru dan setahun belakangan ini menderita gizi buruk.

Ibunya bernama Nurhalimah Tunsadyah (42) seorang janda dan bekerja disalahsatu kedai makan yang ada di-Kecamatan tersebut. 

Dengan keterbatasan biaya,  pihak keluarga hanya mengandalkan BPJS dari Pemerintah untuk membawa Rizky berobat ke Puskesmas dan pernah juga berobat ke Rumah Sakit (RS) Adam Malik Padang Bulan Medan. 

Kondisi Kesehatan Rizky saat ini sangat memperihatinkan dengan badan tinggal kerangka tanpa bisa berbuat apa apa, dan hanya bisa berbaring diatas tilam. 

Melalui seluler Ahad 22/09/2019 orang tua Rizky menjelaskan dalam kurun waktu 2 tahun anaknya sering sakit sakitan dan diketahuinya saat itu anaknya menderita penyakit tibi paru.

Namun setelah sampai di RS Adam Malik  melalui salah seorang dokter  yang menangani Gizi buruk di RS tersebut menyatakan anaknya menderita gizi buruk. 

Setelah dirawat di RS Adam Malik, Rizky diperbolehkan pulang namun tidak berapa lama penyakitnya kambuh lagi dan tidak menunggu lama pihak keluarga segera membawa ke RSUD Batu Bara dan saat itu mendapatkan bantuan obat selama 6 bulan
dari RSUD Batu Bara.

Masih menurut orang tua Rizky, setelah mengkonsumsi obat yang bersangkutan sempat sehat namun malang tak dapat dielakkan mujur tak dapat diraih, saat bulan ramadhan kemarin penyakitnya kambuh lagi. 

"Sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batu Bara  Kuala Gunung dan kata dokter positif tibi paru, makan obat paket selama 6 bulan,sempat sehat, puasa semalam kambuh lagi hingga sampai saat ini ,dan dibawa lagi RSUD Batu Bara kemudian di rujuk ke RS Adam Malik dan dokter RS adam Malik mengatakan anakku menderita gizi buruk" jelasnya.

Lanjutnya sebelum mengalami gizi buruk,  Rizky menderita tibi paru, dan dokter di RS menyarankan supaya memberikan makanan bergizi ditambah dengan minuman susu khas untuk penyakit tibi paru.

" sebelum menderita gizi buruk anakku memang ada penyakit tibi paru dan dokter menyarankan supaya dirawat inap dan sementara dirawat inap dokter menyarankan saya untuk memberikan asupan gizi dan vitamin seperti susu khas penyakit tibi paru,  susu itu harganya Rp 200 ribu lebih, diminum 3 hari udah habis pak,  manalah aku sanggup,  sementara aku seorang janda dan bekerja di kedai makan, tolonglah anakku pak" ujarnya menangis.  

Disinggung apakah ada bantuan dari Pemerintah setempat,  ibu Tunsadyah  menjawab lesu " belum ada bantuan cuma tempo hari ada dikasi 100 ribu oleh Kepala Dusun kami" ucapnya lirih. 

Dalam hal ini orang tua Rizky sangat mengharapkan uluran tangan baik itu dari Pemkab Batu Bara maupun donatur lain karena menurutnya anaknya sangat berkeinginan sehat dan sekolah.

"  saya sangat mengharapkan ada pihak seperti Pemkab Batu Bara maupun pihak lain segera dapat membantu pengobatan anakku karena aku sangat sedih pak, dalam keadaan sakit begitu dia (Rizky-red) selalu minta saya untuk membawanya keteras rumah,  katanya aku ingin sekolah lagi mak,  hancur hatiku pak, dia sekarang kelas IX SMP,  mau sekolah ajalah katanya pak" harapnya   (muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)