Potensi Meluapnya Sungai Bangsring, Buat Warga Resah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

22 Agustus 2019

Potensi Meluapnya Sungai Bangsring, Buat Warga Resah


BANYUWANGI, suarakpk.com – Sejumlah warga yang berada disekitar pinggiran sungai Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, mengaku trauma secara psikologi jika musim penghujan turun. Pasalnya, sudah bertahun – tahun daerah tersebut menjadi langganan banjir hingga ketinggian air mencapai 2 meter.
Salah satu warga, Wewe, mengungkapkan, tepatnya aliran sungai yang berada tepat di sebelah selatan rumahnya setiap tahunnya diantara bulan maret dan april disaat musim penghujan selalu meluap hingga di ketinggian antara 1 sampai 2 meter. Menurutnya, keberadaan aliran sungai tersebut merupakan aliran yang menghubungkan ke perairan pantai. Jika, disaat hujan deras secara otomatis air yang berada di sepanjang sungai meluap hingga tidak mampu menampung derasnya aliran air dari arah barat.
“Usulan untuk dibangunnya plengsengan sudah diusulkan namun belum ada realisasi hingga saat ini. Terlebih lagi, sekarang telah dibangun pabrik berada di sebelah selatan pinggiran sungai, nantinya aliran buangan air akan semakin berdampak ke arah utara sungai. Karena, keberadaannya lebih rendah,” tutur wewe kepada suarakpk.com, siang tadi, Kamis (22/8), di rumahnya.
Dijelaskan oleh Wewe, bahwa air yang meluap tidak bisa diprediksi, sehingga disaat musim penghujan warga sekitar aliaran sungai selalu was – was takut terjadi banker kembali.
“Tahun lalu saja, rumah saya terendam air setinggi 1 meter, padahal jaraknya hanya kuranglebih 20 meter dari pinggir sungai,” keluhnya.
Dirinya bersama waga lainnya, berharapan besar untuk tahun ini dapat dikerjakan peninggian pembangunan plengsengan. Tidak hanya rumah warga saja yang banjir, air yang berada di sepanjang sungai tersebut meluap hingga mengakibatkan kemacetan transportasi darat yang menjadi satu – satunya jalan utama semua kendaraan yang melewatinya.
“Semoga dinas terkait cepat tanggap melakukan pembangunan peninggian plengsengan. Bulan kemarin sempat datang dari Dinas PU Pengairan cek lokasi, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya,”imbuhnya. (Tyo/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)