Satgas Tinombala Selamatkan Warga Melahirkan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

27 Juli 2019

Satgas Tinombala Selamatkan Warga Melahirkan


PARIGI, suarakpk.com - Prajurit Satgas Tindak dan Tim Penerbad TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala III 2019 BKO Polda Sulawesi Tengah bersama melakukan aksi heroik dengan berhasil menyelamatkan Ibu Hamil dan anaknya di wilayah Pegunungan Salubanga, Kabupaten Parigi Moutong pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2019.

Kejadian berawal dari Perintah Operasi Satgas Tinombala dalam pencarian DPO MIT Kelompok Ali Kalora di wilayah Pegunungan Biru, Poso hingga Kabupaten Parigi. Pada hari Sabtu sekira pukul 08.00 Wita, helikopter take off untuk melaksanakan pendistribusian logistik pasukan Satgas Tindak yang sudah berhari-hari berada di hutan wilayah Dusun Salubanga.

Setelah proses pendistribusian logistik selesai, rencana helikopter akan kembali ke Markas Yonif 714/SM di Poso namun Dansatgas TNI/Wakil Kepala Operasi Satgas Tinombala Kolonel Inf Dody Triwinarto mendapat laporan dari anggota Pos Air Teh Lettu Inf Handarwoko bahwa adanya salah satu warga Dusun Tagara Atas yang melahirkan di rumah namun keadaannya kritis karena sebagian badan dari bayi masih tertinggal di dalam kandungan, terlebih di wilayah tersebut tidak terdapat tenaga medis. Kemudian memerintahkan pilot helikopter Mayor Cpn Andung untuk melaksanakan evakuasi udara mengingat jika ditempuh melalui jalur darat menuju Puskesmas Sausu akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam dikarenakan jarak yang cukup jauh dan medan yang cukup sulit dilalui. Itupun harus menggunakan kendaraan roda empat jenis jeep yang dikenal dengan istilah kendaraan Rambo.

Helikopter take off dari Dusun Salubanga menuju Dusun Air Teh dengan perjalanan udara kurang lebih satu menit dilanjutkan proses evakuasi. Puluhan warga Dusun Air Teh bersama jajaran anggota Pos Air Teh membantu pelaksanaan evakuasi dari rumah menuju helikopter. Tidak membutuhkan waktu lebih dari 6 menit, helikopter sudah landing di Lapangan Sausu dimana petugas kesehatan telah siap melaksanakan tindakan lebih lanjut di Puskesmas.

Saat ini Ibu Heriani telah melahirkan dalam keadaan aman dengan kondisi ibu dan anak dalam kondisi sehat yang berjenis kelamin laki-laki, dimana dari pihak keluarga memberikan nama “Muhammad Helly Perkasa” kepada anaknya tersebut.  Mendapat pertolongan secara sigap oleh aparat, pihak keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada aparat TNI-Polri khususnya jajaran Satgas Tinombala yang telah membantu dalam proses evakuasi persalinan. (Jajar/001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)