Tidak Tersentuh, Pantai Logpon Gorontalo Utara Terancam Punah ? - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

23 Juni 2019

Tidak Tersentuh, Pantai Logpon Gorontalo Utara Terancam Punah ?


Gorontalo, Suarakpk.com- Pantai menjadi destinasi pariwisata yang banyak mengundang perhatian publik. Seperti pantai di Gorontalo yang sudah banyak terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Salah satunya Pantai Botubarani yang terkenal dengan Hiu Pausnya.

Namun, semakin banyaknya destinasi wisata yang mulai terkenal di Gorontalo, terdapat pula tempat wisata yang tidak lagi diminati wisatawan. Bahkan jauh dari sentuhan pemerintah, yaitu Pantai Logpon.

Pantai yang berada di bagian Utara Gorontalo, tepatnya di Desa Molantadu, Kecamatan Tomilito saat ini sepi pengunjung. Hal itu disampaikan langsung oleh Lisa Andriany warga sekitar Pantai Logpon.

"Seperti yang mas liat sekarang, pantai ini kondisinya sudah seperti ini. Bagaimana bisa mendatangkan pengunjung," tutur Lisa kepada Wartawan Suarakpk.com, Sabtu (22/06).

Pantai Logpon yang berada sekitar 300 meter dari jalan Trans Sulawesi itu, saat ini dipenuhi sampah. Terlihat pula dermaga yang mulai rusak dan membahayakan para pengunjung. Menurut keterangan dari Lisa, terakhir kegiatan di Pantai tersebut pada tahun 2014.
Foto: Potret dermaga wisata Pantai Logpon yang tak terurus

"Jika ada kegiatan, pengunjung pantai ini bisa mencapai 1.000 orang. Tapi itu dulu, sekitar 5 tahun yang lalu. Sekarang, dalam sepekan saja pengunjung pantai ini tidak lebih dari 10 orang," Kata Lisa.

Pantai Logpon, selain memiliki keindahan pasir putih yang membentang ternyata, menjadi akses central para wisatawan yang ingin berkunjung ke salah satu Pulau yang ada di Kabupeten Gorontalo Utara dengan menggunakan perahu.

"Di sini banyak perahu yang kita sewakan. Pengunjung yang datang biasanya ingin melanjutkan wisata ke Pulau Mutiara. Sekitar 20 menit saja menggunkan perahu sudah sampai di Pulau itu," Ungkap Sulaiman Ali warga sekitar.

Sulaiman Ali merupakan warga yang dulu sering menyediakan perahu untuk disewakan. Ia mengakui bahwa Pantai Logpon saat ini tidak lagi diminati dan butuh perhatian dari pemerintah.

"Ia memang benar Pantai sekarang sepi. Tidak ada upaya dari pemerintah untuk memperbaiki Logpon ini. Bahkan sudah lebih dari 3 tahun dermaga itu rusak. Harusnya pemerintah turun tangan, karena dulu disini jadi matapencaharian kami," Tegas Sualiman.

Lanjut, Sulaiman pun berharap jika areal wisata Pantai Logpon ini kembali di perbaiki dan dikelola dengan baik pasti akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) besar bagi pemerintah.

"Jika ini kembali diperbaiki. Kemudian dikelola dengan baik, pasti bisa menambah PAD pemerintah. Harapan-nya begitu, pemerintah peka dengan hal ini," Pungkasnya. ***una*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)