Ada Apa, Titik Marsiswati S.Ag. Kepala Sekolah SD Blunyahan 2 Tidak Berujung Manis? - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

05 Maret 2019

Ada Apa, Titik Marsiswati S.Ag. Kepala Sekolah SD Blunyahan 2 Tidak Berujung Manis?


YOGYAKARTA, suarakpk.com - Sejak berita tentang demo penolakan Kepala Sekolah Baru SD Blunyahan 2 pada 18 februari 2019 lalu, mengundang banyak pertanyaan, mengapa bisa terjadi. Dari berita yang sempat mencuat dimana Kepala Sekolah Baru SD Blunyahan 2, M.Y.Titik Marsiswati S.Ag mengaku tidak tahu akar permasalahannya, dirinya melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai prosedur.
Ketika dikonfirmasi, Titik yang didampingi suaminya menjelaskan perihal rekam jejak di SD Winongo sebelum dia menjadi Kepala Sekolah di SD Blunyahan 2. Dikatakan, saat dirinya menjabat sebagai Kepsek SD Winongo berbagai gebrakan telah lakukan, karena dalam waktu singkat Titik dituntut untuk peningkatan prestasi dalam kepentingan Akreditasi. 
“Masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus  diselasaikan dari kepala sekolah yang lama, perbaikan sarana prasarana sekolah ditingkatkan, antara lain kamar mandi, pagar sekolah sehingga rapi dan indah, administrasi sekolah mulai ditata lebih tertib dan rinci, agenda kegiatan sekolah yang lesu dihidupkan kembali.” Jelasnya saat  temui belum lama ini, Jum'at (22/20 di kediaman saudaranya di Jogja.
Selain itu, Titik juga berhasil menaikkan honor GTT dengan menambah 50.000,- per 1 Agustus 2018, dirinya berani memberi tambahan uang lembur GTT  250 .000 s/d 500.000 sesuai pekerjaanya.
“Kegiatan keagamaan antara lain kegiatan pengajian paguyuban wali murid yang semakin  banyak peserta dan semakin guyub terbukti dengan 128 wali murid hadir pada agenda pengajian pada bulan Januari dengan menghadirkan Ustad Pandowo dari Kasihan.” urainya.
Dalam perbincangan sore itu Titik juga menunjukan SK Bupati tentang pengangkatan sebagai Kepala Sekolah di SD Blunyahan 2,  buku agenda harian saat dirinya di SD Winongo,  setiap hari tercatat apa yang dilakukan seperti rapat di luar sekolah dan lain-lain.
Lebih lanjut, Titik menceriterakan catatan buku tamu yang tidak ada kata jelek, semua kesan dan pesan tamu menilai sambutan di SD Winongo ramah dan lain sebagainya.
“Juara Ke 3 Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten diraih pula oleh SD Winongo. Prestasi Tari anak-anak SD Winongo juga mulai dikenal dan dilirik oleh penggiat seni budaya, antara lain anak didik dari bu Kumara yaitu Panca,  Sekar dan Safa terpilih untuk tampil dalam pembukaan pameran Seni Rupa Keluarga Nusantara di Jogja Galeri pada tanggal 12 Januari 2019 kemarin.” lanjutnya.
Pada saat itu, Titik Hadir dan mensupport dalam acara tersebut. Secara prestasi tidak ada celah untuk mengatakan Titik punya rekam jejak kurang baik.
Terpisah, dari hasil investigasi suarakpk di lapangan dengan beberapa wali murid SD Winongo diperoleh keterangan adanya kesalahpahaman terhadap kebijakan Titik, kesalahfahaman terkait dengan penyelesaian Pagar Sekolah yang seharusnya adalah Wewenang Komite Sekolah, namun diselesaikan dengan kebijakan praktis. Selain itu, muncul adanya dugaan perubahan randown acara dalam upacara bendera, dianggap sebagai penyalahgunaan wewenang.
“ada kesalahpahaman antara Kepala Sekolah dengan Komite Sekolah dikarenakan Intensitas komunikasi yang minim dikarenakan tuntutan prestasi yang harus dicapai sekolah saat pengalihan tugas sebagai Kepala Sekolah Baru dan masih banyak hal yang harus diselesaikan antara lain sarana dan prasarana.” Ujar salah satu wali murid yang enggan disebutkan namanya.
Walaupun demikian, Karakter Titik dengan  ketegasan serta kedisiplinanya membawa SD Winongo terakreditasi A,  namun tidak berujung manis di SD Blunyahan 2 yang sangat disayangkan untuk ranah pendidikan. (Skc/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)