Job Fair 2017 di SMKN 1 Purworejo di Serbu Ratusan Pencari Kerja - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 Mei 2017

Job Fair 2017 di SMKN 1 Purworejo di Serbu Ratusan Pencari Kerja



Purworejo, suarakpk.com - Ratusan orang pencari kerja menyerbu Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Purworejo, Selasa (9/5/17) di Gedung Serbaguna SMK Negeri 1 Purworejo, Jawa Tengah.

Pencari kerja didominasi lulusan SMK dan SMA Sekabupaten Purworejo, Tercatat ada 25 perusahan dari Purworejo, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Jakarta yang membuka stan dalam bursa kerja tersebut dan tersedia sekitar 5.000 lowongan kerja.

Kepala Disperinaker Kabupaten Purworejo Drs Sutrisno, M.Si mengungkapkan, Job Fair Purworejo 2017 dilaksanakan sebagai fungsi pelayanan penempatan tenaga kerja, dimana antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja bisa bertemu. Diharapkan ada terjadi penempatan tenaga kerja.

"Mekanisme pelayanan penempatan tenaga kerja dapat dilakukan secara manual maupun online, " kata Sutrisno dalam pembukaan Job Fair Purworejo 2017.

Dikatankan, "kegiatan Job Fair kali ini merupakan yang ketiga. pada Tahun 2016 telah berhasil merekrut tenaga kerja sebanyak 131 orang. yakni melalui PT Libra Semarang 54 orang, PT Matrik Indoglobal Semarang 44 orang, PT Royal Fashion Semarang 9 orang, Alfa Mart Semarang 4 orang, dan PT Yoga Perdana 19 orang."lebih lanjut dikatakannya.

"Dari Job Fair ini tersaji informasi lowongan kerja sebanyak 5.436 dari 25 perusahaan stan dan diharapkan dapat direkrut 500-1000 tenaga kerja yang sesuai dengan minat dan bakat, serta kemampuan pencari kerjanya sendiri," jelas Sutrisno.

Sementara itu, Asisten Seda Bidang Administrasi dan Kesra Drs Muh Wuryanto, MM. selaku yang mewakili Bupati mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan Job Fair Purworejo 2017, dengan adanya kegiatan ini, dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.khususnya di Kabupaten Purworejo.

"Dari data Badan Pusat Statistik, angka pengangguran di Purworejo masih cukup tinggi, yakni mencapai 2,76 persen atau 14.692 orang pada tahun 2016,"kata Muh Wuryanto.

Menurutnya, salah satu penyebabnya karena tidak seimbangnya antara pencari kerja dengan lapangan kerja produktif dan kualitas angkatan kerja di Purworejo masih relatif terbatas.

Sementara Ketua Penyelenggara Job Fair Purworejo 2017 Pracoyo, S.Sos menambahkan, sebenarnya untuk menekan angka pengangguran, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya termasuk Job Fair.
"Kami sangat menyayangkan minat para pencari kerja yang kurang maksimal,"kata pracoyo.(DANIEL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)