Benarkah Dugaan Kredit Fiktif Puluhan Miliar di Bank Purworejo? - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

31 Mei 2023

Benarkah Dugaan Kredit Fiktif Puluhan Miliar di Bank Purworejo?

 

PURWOREJO, suarakpk.com – Dugaan adanya kredit fiktif puluhan miliar di Bank Purworejo mulai ramai dibicarakan oleh sebagian kelompok pengusaha di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Tak tangung tangung, nilai kredit dikabarkan hingga Rp.40 Miliar.

Benarkah hal tersebut terjadi?

Informasi dihimpun di lapangan, salah satu sumber terpercaya yang enggan disebutkan namanya, kepada media suarakpk.com, Rabu (31/5/2023), menuturkan bahwa kredit diduga dilakukan oleh seorang pengusaha purworejo menggunakan nama Perusahaan senilai Rp.30 Miliar pada tahun 2019.

“Pinjaman senilai Rp.30 Miliar dilakukan akad sekitar tahun 2019 oleh Perusahaan AGP dengan jaminan yang kurang jelas,” tuturnya saat ditemui di jalan WR Supratman Purworejo.

Sumber mengungkapkan, selain tahun 2019 mencairkan pijaman Rp.30 Miliar, diperoleh informasi, sekitar tahun 2021, AGP kembali mencairkan pinjaman senilai Rp.10 Miliar diduga di Bank Purworejo.

“Setelah mencairkan pinjaman awal Rp.30 Miliar tahun 2019, lalu terkendala Covid, AGP mendapatkan keringanan angsuran, namun informasi yang saya peroleh, AGP kembali mencairkan pinjaman Rp.10 Miliar,” ungkapnya.

Lebih lanjut sumber mengatakan, bahwa sampai saat ini kelihatannya AGP diduga sedang berupaya mengajukan kepailitan di Pengadilan Niaga Semarang, namun sumber enggan menjelaskan secara detail.

“Saya mendengar, AGP sedang mengajukan permohonan pailit ke Pengadilan Niaga Semarang, tapi saya tidak tahu pasti perkembangannya di Pengadilan Niaga,” katanya.

Sumberpun mempertanyakan managemen, Bank Purworejo dalam memberikan pinjaman hingga pulugan Miliar.

“Jujur, saya heran, jika benar terjadi, bagaimana Bank Purworejo bisa kecolongan puluhan miliar dari dua kali pinjaman yang diduga dengan angunan yang sama,” ujarnya.

Sebelumnya, diinformasikan, bahwa Isu mengenai kredit macet Perumda berhembus sejak awal tahun 2022 lalu. Keadaan itu membuat resah sebagian pengguna jasa dan masyarakat Purworejo beredar dari obrolan.

Hingga berita ini ditayangkan, suarakpk.com belum berhasil mengkonfirmasi kebenaran atas dugaan adanya pijaman fiktif langsung kepada Direktur Utama Bank Purworejo, Wahyu Argono Irawanto.

Tunggu hasil investigasi di lapangan, benarkah isu dugaan pinjaman fiktif benar terjadi? (Tim Pwj/red)


1 komentar:

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)