Tingkatkan Kualitas DPMD Sumenep, Gelar Bimtek - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

25 September 2019

Tingkatkan Kualitas DPMD Sumenep, Gelar Bimtek


SUMENEP, suarakpk.com - Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Gerakan Desa, Dinas Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menggelar Bimtek Profil desa tahun 2019 bertempat di hotel Utami Sumekar Sumenep.

Acara yang digelar untuk pendamping desa ini digelar dua tahap. tahap pertama sejak tanggal Selasa 24 – 25 2019. Tahap kedua dari tanggal 26 – 27 September 2019 dengan peserta masing – masing 80 pendamping setiap tahapan.

Bimtek bertajuk ‘Desa Membangun’ bagi Tenaga Ahli (TA), Pendamping Desa (PD), dan Pendamping Lokal Desa (PLD) itu akan digelar dengan dua tahapan bertempat di Hotel Utami Sumenep.

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli melalui Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi, Tabrani menyebut perencanaan sebuah pembangunan akan dinilai tepat apabila didasari data atau profil desa yang valid.

Alasannya, validasi data akan menjadikan sebuah program tepat sasaran dan sesuai kebutuhan.
“Untuk itu Pemerintah Kabupaten bersama TA, PD dan PLD diharapkan bersama-sama Pemerintah Desa menggali segenap potensi yang ada serta merencanakan pengembangan potensi tersebut untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri,” papar Tabrani di depan TA, PD, dan PLD.

Tabrani menyampaikan, pasca kegiatan itu dia berharap bisa mempercepat implementasi penyusunan profil desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi, yang relevan untuk dasar perencanaan pembangunan.

Pelaksanaan Bimtek tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya desa dan kelurahan.

“Targetnya optimalisasi produk unggulan desa melalui inovasi BUMDes dan pemantapan persiapan Lomba Desa tahun 2020,” ujarnya.

Yang terpenting, tambah Tabrani, langkah ini diharapkan mampu menghapus stigma lama tentang desa yang terkesan sebagai ‘sapi perah’ penguasa dan orang-orang yang berkepentingan.

“Desa harus menjadi subjek pembangunan, sehingga masyarakat bisa memaksimalkan perannya dalam meningkatkan pembangunan desa,Targetnya optimalisasi produk unggulan desa melalui inovasi BUMDes dan pemantapan persiapan Lomba Desa tahun 2020,” ujar Tabrani

Saya berharap semoga melalui bimbingan teknik akan membawa dampak positif demi kemajuan desa kedepan. ( AJ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)