PERTEMUAN BEBERAPA TOKOH DAYAK KALIMANTAN TENGAH - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

09 September 2019

PERTEMUAN BEBERAPA TOKOH DAYAK KALIMANTAN TENGAH

PALANGKA RAYA, suarakpk.com - Pembentukan organisasi "FORUM DAYAK MAHAGA BETANG" telah terbentuk pada hari Sabtu, 07 September 2019 pukul 12.00 WIB oleh para tokoh- tokoh masyarakat Kalimantan Tengah.

Para tokoh-tokoh sepakat mendirikan forum ini untuk menjaga palsapah Huma Betang. Bapak Sabran Achmad selaku tokoh tertua mengatakan, "di depan harus kita bersihkan di belakang kita juga harus menata merapikannya", ucapnya. 

Mulai periode Pilkada 2020 ini, Dayak (Islam, Kristen, Kaharingan) melalui forum ini kompak bersatu, supaya  Bakal Calon Gububernur dan Wakil Gubernur termasuk Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim, Wajib berwujud keseimbangan; Islam, Kristen atau Kaharingan.

Forum ini secara tegas dan keras menuntut pemimpin Dayak Kalteng dalam kebersamaan dan keseimbangan.

Tujuan aspirasi: Bakal calon, Parpol, KPU dan pihak terkait... dengan cara :
  1. Manyampai aspirasi dg surat himbauan, peringatan dan audiensi ...
  2. Jika tidak digubris, maka akan disampaikan aspirasi dengan unjukrasa ...
Tugas Forum ini selain soal pemimpin Huma Betang tadi harus ada keseimbangan selanjutnya adalah; mengawasi/ mengontrol/ mengkritisi perilaku seluruh instansi, lembaga, pejabat, dan aparat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai falsafah Betang (Kejujuran, Kebersamaan, Kesetaraan, taat hukum)... 

Seluruh utus Dayak dan ormas-ormas dayak yang sudah terbentuk yang sepaham dengan Forum ini  wajib bergabung mendukung aspirasi kebersamaan melalui Forum. ucap Bapak Siun Jarias selaku tokoh masyarakat yang ikut pembentukan forum tersebut. Sementara di kesempatan yang sama Bapak Idelson Tumon, Shidelson Tumon, SH mengatakan, "dasar mendirikan Forum Dayak Mahaga Betang itu sendiri adalah Dasar Pancasila dan UUD undang undang dasar 1945," tegasnya(ryt).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)