Begini Kegiatan Sedekah Bumi Desa Ringinarum Kendal - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

28 September 2019

Begini Kegiatan Sedekah Bumi Desa Ringinarum Kendal


KENDAL, suarakpk.com - Dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta penghormatan kepada para leluhur pejuang Desa, Pemerintah Desa Ringinarum, Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal menggelar Pawai sedekah bumi.
 Dikatakan oleh Kepala Desa Ringinaru, Muhadi bahwa tradisi serta ritual-ritual yang dulu pernah dilakukan oleh pendiri atau perintis suatu wilayah sampai sekarang masih saja awet dan selalu dilakukan, bahkan telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.
"Kita bisa menyaksikan tradisi di pelosok pelosok desa seterusnya sampai diujung jawa bagian barat, banyak kita kenal tradisi sedekah Bumi atau sedekah laut yaitu larung sesaji," tutur Muhadi, Sabtu (28/9) di balai Desa Ringinarum.
Begitu juga dengan sebagian masyarakat kita, lanjut Muhadi, yang tinggalnya agak jauh dari laut, dan kehidupan sehari-harinya sebagai petani, mereka semua pun memiliki adat serta tradisinya masing-masing seperti acara sedekah bumi, sedekah desa atau bersih desa.
Karnaval yang di diikuti oleh masyarakat Desa Ringinarum dan juga anak-anak sekolah mulai anak paud SD SMP SMA dan jaga SMK, serta seluruh RT yang ada didesa Ringinarum.
"ini adalah suatu wujud kebersamaan untuk menciptakan kerukunan, Saling menghormati perbedaan umat beragama," ujarnya.
Dibawah terik matahari siang yang cukup menyengat terlihat berderet peserta Karnaval yang mulai berjalan memutari desa dan yang membuat acara ini lebih semarak adalah terlihat pula seni tradisional seperti perserta pencak silat mayoret yang mengiringi, jalan santai, dan suara dramben juga tidak ketinggal turut meramaikan dan malam harinya juga di ramaiakan oleh wayang kulit,.
Dijelaskannya, peserta arak-arakan akan berjalan menempuh sekitar 3 km dengan pengamanan dari Banser dan Limnas dari Desa Ringinarum
Ditambahkan, Mohadi, bahwa acara sedekah bumi di desanya akan banyak menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya acara karnaval.
"Ini semua adalah wujud rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa serta penghormatan kami kepada para leluhur, Untuk leluhur dan cikal bakal desa Ringinarum" ucapnya.
Adapun cikal bakal atau sesepuh tiap pedukuhan, dirinya atas nama pemimpin masyarakat desa Ringinarum sujud syukur. "Semoga kedepanya di desa Ringinarum kususnya akan menjadi maju dan makmur juga berkah," pungkasnya. (Beki/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)