Sarasehan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


04 April 2019

Sarasehan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama


BLORA, suarakpk.com - Sarasehan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB) yang digelar oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blora, siang tadi, Kamis, (04/04), mengangkat tema “Peningkatan Peran Dan Fungsi FKUB Dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Dan Menciptakan Kondusifitas Daerah Menjelang Pemilu 2019”. Sarasehan yang dilakukan di pendopo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora tersebut juga diikuti oleh perwakilan tokoh lintas agama, Majelis Ulama Indonesia, Camat, Kesbangpol, TNI, Polri dan Kades sekecamatan Kunduran.
Camat Kunduran Hartanto Wibowo,SIP,M.Si menuturkan, bahwa dengan adanya sarasehan tersebut diharapkan dapat tercipta rasa persatuan dan kesatuan antar warga negara.
“Sarasehan ini dilaksanakan sebagai upaya membangun toleransi dan kerukunan antar umat beragama sehingga diharapkan tercipta rasa persatuan dan kesatuan yang sejuk, damai dan sejahtera di Kabupaten Blora, khususnya Kunduran yang sebentar lagi mengadakan pemilu, Masyarakatnya siap membangun,” tutur Camat Kunduran.
Sehingga, kata Hartanto Wibowo, bisa menciptakan suasana kedamaian, saling menghormati, toleransi, dan menjunjung tinggi aturan hukum yang berlaku demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.
Ditambhakan Camat Kunduran, bahwa Empat Pilar Kebangsaan yaitu, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945. Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi negara yang merupakan cerminan kepribadian bangsa, sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kemudian Bhineka Tunggal Ika, sebagai alat perekat pemersatu. NKRI merupakan rumah besar yang harus dijaga dan dibela terus keutuhannya. Selanjutnya UUD 1945, merupakan konstitusi, sumber segala sumber hukum.
“Agama mengajarkan umatnya untuk berbuat baik. Semua adalah ciptaan Tuhan. Perbedaan itu berkah untuk menjalin persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.
Sementara, IPTU Lilik Eko,S.H dalam ucapanya mengapresiasi terselenggaranya sarasehan FKUB oleh Kesbangpol Blora. Ia mengajak kepada seluruh umat beragama yang ada di Kabupaten Blora, khususnya Kecamatan Kunduran untuk senantiasa menciptakan kerukunan dan kebersamaan.
Menurutnya, selama ini Blora, Kunduran khusunya sudah cukup kondusif. "Kerukunan dan keharmonisan ini harus terus dipupuk, salah satunya dengan melaksanakan sarasehan seperti ini,apalagi menjelang pesta demokrasi Pileg dan Pilpres." kata Iptu Lilik.
Dirinya mengungkapkan, bahwa dengan terciptanya kerukunan warga, maka apa yang menjadi cita-cita bersama, tentang kemakmuran dan kesejahteran di Indonesia, Jawa Tengah, dan Kabupaten Blora, Kecamatan Kunduran khususnya, dapat terwujud.
Di sisi lain, Kapten Czi Sundiro mengingatkan warga dalam menjelang dan dilaksanakan Pemilu semangat untuk menjaga dan menciptakan kerukunan antar umat beragama.
“Yaitu semangat melaksanakan ibadah sesuai agama, keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Semangat persatuan dan kesatuan. Semangat menerima perbedaan dan semangat kemanusiaan dengan cinta kasih antar sesama,” jelasnya.
Hal senada disampaikan oleh Kapolsek Kunduran, bahwa kerukunan antar umat beragama harus terus didorong sebagaimana yang diatur dalam pasal 29 UUD 1945.
“Yang dimaksud adalah kerukunan internal umat beragama. Kerukunan antar umat beragama. Kemudian, kerukuran antar pemerintah dan umat beragama,” jelasnya.
Demikian pula inti yang disampaikan oleh sejumlah nara sumber sarasehan FKUB lainnya. (Bambang/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar