Upaya Peningkatan Cadangan Beras Bulog - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

31 Januari 2019

Upaya Peningkatan Cadangan Beras Bulog


BANTUL, suarakpk.com - Dalam pencapaian target serapan gabah pemerintah menunjuk TNI dalam hal ini TNI-AD yang telah dituangkan melalui MoU, demikian juga untuk wilayah Kabupaten Bantul, Kodim 0729/Bantul beserta Jajaran menjadi pendamping Dinas Pertanian Kabupaten Bantul untuk Pengawalan maupun Pendistribusian Pupuk, Tanam dan Panen padi serta Serapan gabah.

Tim Sergab dari Mabes TNI AD yang dipimpin oleh Brigjen TNI Steve beberapa hari yang lalu, Kamis (24/01/2019), berkunjung ke satuan Kodim 0729/Bantul dalam rangka sosialisasi peningkatan cadangan beras dari petani kepada Bulog. Hadir juga Bulog Drive DIY Drs Unggul, dan Kepala Dinas Pertanian Bantul Ir. Pulung.

Pemantauan kegiatan Sergab yang ada di Kabupaten atau Kota perlu kiranya memonitor Bulog dalam menyerap Gabah hasil panen petani dan menindak lanjuti kendala-kendala serta hambatan yang dihadapi para petani di wilayah Kabupaten Bantul.  Untuk itu setiap perkembangan yang ada diwilayah Koramil di Jajaran Kodim 0729/Bantul secara periodik melaporkan hasilnya kepada Komando atas.

Dalam kunjungan tersebut, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto menyampaikan, bahwa "Dalam rangka program sergab di wilayah Kabupaten Bantul sudah terbentuk 75 Gapoktan untuk mempermudah dalam penyerapan beras dari petani ke Bulog, namun demikian luas lahan tanam diwilayah bantul banyak perubahan, dari semula kurang lebih 15.000 Ha sekarang menjadi 14.000 Ha, ini dikarenakan beralihnya fungsi sawah menjadi perumahan."

Sementara itu perwakilan dari tim Mabesad Kolonel Czi Matheus Jangkung dalam rapat menyampaikan,"Kami mendapat perintah untuk melaksanakan pengawasan serapan gabah atau beras, tujuannya adalah mengetahui kendala yang ada diwilayah untuk dijadikan masukan kepada pimpinan. Pemerintah perlu meningkatkan stok beras dengan cara melakukan cadangan di bulog. Harapan kami adalah bila kami membela negara dengan memikul senjata, maka para petani membela negara dengan menanam padi dan menyelisihkan beras untuk disimpan bulog."

Setelah acara rapat selesai, dilanjutkan peninjauan stok beras di bulog bantul, dan melaksanakan panen padi diwilayah kabupaten bantul.(Zulfan/red - pendim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)