Ukur Kemampuan, Guru Sertifikasi Kemenag Uji Kompetensi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

01 November 2018

Ukur Kemampuan, Guru Sertifikasi Kemenag Uji Kompetensi




LAMONGAN, suarakpk. com - Sebanyak 4.774 terdiri dari guru Roudlotul Athfal (RA), guru Madrasah Ibtida’iyah MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah dibawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan mengikuti program Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) berbasis android.

Menurut Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lamongan H. Sholeh, MSi, program Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah (APKGM) bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya.

"Kegiatan ini digelar untuk mengevaluasi dan mengukur kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik," kata H. Sholeh, MSi, kemarin Rabu (31/10) pada awak media.

Melalui program tersebut, lanjutnya,  kelebihan dan kekurangan setiap guru dapat diketahui. Sehingga, berikutnya akan diadakan pelatihan atau diklat untuk guru yang dinilai mempunyai kelemahan dibagian tertentu.

"Dari hasil assessmen ini kelihatan kelemahan setiap guru. Nanti akan diadakan diklat untuk mereka," ungkap Sholeh.

Disisi lain, Kasi Pendma Kemenag Lamongan, Abdul Ghofur, mengatakan bahwa APKGM ini merupakan program Kanwil Kemenag Jawa Timur yang harus diikuti oleh semua guru sertifikasi dari tingkat RA, MI, MTs dan MA, dengan menggunakan handphone android.

"APKGM ini sama halnya dengan UKG (Uji Kompentensi Guru) yang diadakan sebelumnya dan ini diikuti oleh semua guru yang sudah sertifikasi" tegasnya.

Abdul Ghofur juga memaparkan, pihaknya jauh-jauh hari telah membentuk tim pengawas yang bertugas membantu guru yang masih awam dan belum bisa menggunakan android.

“Karena APKGM sistemnya online maka sebelumnya kita membentuk tim yang bertugas membantu guru untuk mengajari atau memberi pentunjuk-petunjuk penggunaan HP yang berbasis android” ungkapnya yang juga menyebutkan secara rinci APKGM diikuti sebanyak 4.774 peserta terdiri dari guru RA sebanyak,322, Guru MI, 3300, MTs 683 dan MA 469 peserta. APKGM tersebut dilaksanakan di MAN Lamongan, MAN Babat dan MTs N Babat. (Asnan/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)