Meriah, Pentas Seni FKKB Bantul - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


01 November 2018

Meriah, Pentas Seni FKKB Bantul


BANTUL, suarakpk.com - Dinas kebudayaan Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Forum Komunikasi Ketoprak Bantul menggelar pentas Ketoprak dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Ulang Tahun FKKB yang ke-14.

Seni Tradisonal yang mempunyai ciri khas keprak. Keprak dalam pertunjukan kethoprak adalah semacam kentongan dari kayu yang dipukul oleh sutradara/penata adegan dalam setiap pergantian adegan. Ritme cepat dan lambatnya suara keprak akan disesuaikan dengan adegan yang dimainkan,  dan tembang macapat terus bertahan di era modern ini.

Bertempat di Lapangan bola voli Cepor Lor Palbapang Bantul, kemarin rabu, (30/10/2018) FKKB mencoba mementaskan seni tradisional Ketoprak dengan lakon Joko Belek yang mengisahkan keluarga yang memiliki anak laki laki  yang rupawan tetapi memiliki karakter buruk dan  anak laki laki yang secara fisik jelek tetapi berhati mulia.

"Joko Belek dalam kisahnya mempunyai kekurangan fisik tetapi akhirnya mendapatkan welas asih dari sang pencipta berubah menjadi pemuda yang tampan dan berhasil menyunting anak raja setelah berhasil memenangkan sayembara menyembuhkan anak raja," kata Danik Ketua FKKB Kecamatan Bantul.

FKKB telah terbentuk di seluruh Kecamatan Bantul terus berupaya mempertahankan seni tradisi dengan terus berlatih dan melakukan pentas. (Topo/red)

No comments:

Post a Comment