Kapolres Batu Bara : Tiga Pilar Merupakan Ujung Tombak Deteksi Dini Kamtibmas - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


30 November 2018

Kapolres Batu Bara : Tiga Pilar Merupakan Ujung Tombak Deteksi Dini Kamtibmas


BATU BARA, suarakpk.com - Melalui peran tiga pilar yakni  Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa (Kades) diharapkan  mampu mewujudkan kondisi keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Batu Bara.

Dikatakan Kapolres Batu Bara AKBP Robinson Simatupang saat kegiatan silaturahmi dengan tiga pilar Kabupaten Batu Bara, di Aula Bhayangkari Mapolres Batu Bara, kemarin Sabtu 24/11/2018.

Beliau juga mengatakan, untuk menjaga Kamtibmas, tidak bisa dilakukan sendiri oleh kepolisian, namun dengan keberadaan  Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades (tiga pilar) merupakan ujung tombak deteksi dini terhadap kondisi keamanan dan ketertiban di Desa.

Selain itu Simatupang mengharapkanTiga pilar ini harus kompak dan menjadi mesin pendingin ditengah-tengah Masyarakat terutama menangkal maraknya berita hoax dan sara yang dapat memecah belah Masyarakat dan Untuk mewujudkan keamanan  serta ketertiban, tidak hanya tugas tiga pilar ini namun peran serta Masyarakat juga sangat penting.

"Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban, sangat diharapkan peran serta Masyarakat. Kita berterima kasih kepada Bupati Batu Bara terpilih yang akan mewujudkan program pembangunan Siskamling di 141 Desa/Kelurahan di Kabupaten Batu Bara," katanya.

Sementara, Dirbinmas Polda Sumut Kombes Pol Yusuf Hondawan menuturkan, dalam menangani permasalahan diwilayah masing-masing, tiga pilar ini harus bertindak dalam rangka mencegah dan menangkal, bukan bertindak secara represif. Dalam menangani permasalahan, tiga pilar harus mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

Menurutnya, sinergisitas tiga pilar perlu dilaksanakan dalam rangka mewujudkan  pelayanan Kamtibmas yang prima, profesional, tidak diskriminatif, menjunjung tinggi HAM dalam upaya gakkum di wilayah dengan cara membangun sistem sinergitas polisional antara pemangku kepentingan maupun komponen Masyarakat melalui kemitraan.

"Sinergisitas tiga pilar harus pro aktif melakukan deteksi dini soal kondisi keamanan di setiap Desa. Kalau permasalahan tidak dapat  diselesaikan ditingkat Desa, naikkan ke tingkat kecamatan dan seterusnya. Sehingga permasalahan-permasalahan sekecil apapun dapat diselesaikan dengan baik," katanya.

Dalam kegiatan silaturahmi dengan tiga pilar diikuti seluruh kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas se- Kabupaten Batu Bara.
( Muhammad amin/Red)

No comments:

Post a Comment