Sendang Kamulyan Jadi Obyek Wisata Andalan Di Desa Gemulung - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


24 October 2018

Sendang Kamulyan Jadi Obyek Wisata Andalan Di Desa Gemulung



JEPARA, suarakpk.com -  Warga gemulung saat ini menyebutnya sebagai sendang kamulyan, jaman dahulu di Desa Gemulung, Kabupaten Jepara ada sebuah punden yang berwujud belik atau mata air. Mata air itu cukup besar debitnya, sehingga air yang keluar mengumpul dan di bendung hingga menjadi sebuah sendang. Salah satu objek wisata andalan Desa Gemulung.

Ketua Pokdarwis (kelompok sadar wisata) Desa Gemulung, Arifin mengatakan bahwa warga akan lebih dimaksimalkan pengelolaanya agar bisa menarik pengunjung. “diantaranya gazebo (tempat untuk istirahat pengunjung), jalan masuk sudah ditata rapi, fasilitas lain seperti bebek air juga sudah disediakan.” tutur Arifin

Dijelaskannya, semenjak Petinggi yang baru ini Santoso, sendang kamulyan sudah banyak sekali perubahan dari sebelumnya dan mulai sekarang ini sendang kamulyan mulai dirawat kembali dan difungsikan sebagai desa wisata andalan desa gemulung.

“Pengunjung yang datang pada waktu hari libur saat ramai ramainya hingga 200-300 pengunjung, yang paling banyak dari luar wilayah jepara.” jelasnya.
Menurut Arifin, bahwa untuk saat ini biaya masuk lokasi belum diberlakukan.
“biaya retribusi masuk lokasi memang belum diberlakukan, karena masih diundangkan di perdes tentang pungutan juga masih dalam tahap evaluasi, pungutan sementara hanya untuk penitipan motor/mobil sebesar Rp.2000,-.“ ungkapnya.

Ditambahkannya, jika bicara sendang kamulyan melalui pokdarwis bangkit mulyo gemulung sudah mendapatkan SK desa wisata dari Bupati Jepara.
“Setelah resmi mendapatkan SK desa wisata, mulai berbenah, ke depannya sudah mempunyai rancangan yang diantaranya wahana permainan, atv, flaying fox, bebek air, di sisi lain juga akan menjadi wisata agro dimana pengunjung bisa memetik buah langsung.” kata Arifin.
Menurutnya, rencana november akan dimulai ditanam bibit buah yang bersamaan dengan hari tanam sedunia, selain itu juga menjadi desa kawasan hutan kampung iklim di Kabupaten Jepara yang diwakili 2 desa yaitu desa suwawal timur dan desa gemulung.

“Bagi warga yang ada di sekitar Jepara atau di luar kota Jepara bisa datang di sendang kamulyan yang terletak di desa gemulung untuk menikmati keindahan alam yang cantik, asri dan sejuk.” pungkasnya. (Arief/red)

No comments:

Post a Comment